Coffe Break Dalam Mengajar Bahasa Inggris

Suatu waktu disaat kelas yang kita ajar bahasa Inggris sudah terlihat muka-muka lelah dan bosan maka inilah saat kita untuk menyegarkan kembali wajah-wajah tersebut agar bisa fresh kembali sehingga para murid siap untuk kembali mendapatkan pelajaran.

Salah satu caranya adalah dengan permainan. Sebenarnya prinsipnya sama saja dengan Pit Stop di balapan Formula 1, yaitu sebagai tempat untuk merefresh kembali pikiran.

Diskusi.

Banyak guru bahasa Inggris yang mengisi kelas dengan diskusi sederhana yang sebenarnya bagus-bagus saja. Tetapi coba diskusi tersebut diarahkan dan difokuskan sehingga sesuai dengan tema dan struktur bahan pelajaran bahasa Inggris yang sedang diajarkan atau dikenalkan.

Contoh:

Cobalah bicarakan dengan para murid mengenai apa yang mereka lakukan waktu akhir pekan ataupun waktu liburnya dalam bahasa Inggris dan kaitkan dengan Simple Past atau Present Perfect Tense.

  • Guru: So, Sherly what did you do at the weekend (simple past).
  • Sherly: I go to a Japanese restaurant with my friends.
  • Guru: Was last weekend in the past or present Sher?
  • Sherly: The past. Ah, okay. I went to a Japanese restaurant with my friends.
  • Guru: Well done. I love sushi. Have you been there before? (present perfect).
  • Sherly: yes, I have been there once before. I like it very much.

Dan percakapanpun terus berlanjut sambil sang guru terus mengarahkan untuk lebih mengeksplore hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran yang sedang diajarkan.

Selain tema liburan, anda bisa mengajak para murid untuk mendiskusikan mengenai apabila mereka mendapatkan uang satu trilyun rupiah.

Sebenarnya semua topik bisa menjadi bahan untuk diskusi dengan mengeluarkan sedikit pikiran.

Tidak masalah apabila mereka membuat kesalahan karena anda belum mengajarkan mengenai struktur kalimat yang benar. Hal ini akan menjadi bahan evaluasi yang baik dalam melihat kemajuan kelas.

Permainan foto.

Jika kelas yang anda ajar adalah sebuah kelas yang baru, maka anda akan menemukan banyak guru memulai dengan perkenalan. Hal seperti ini sebenarnya kurang memberikan semangat. Ada dua alasan, pertama perkenalan sudah biasa dilakukan oleh para murid. Yang kedua adalah karena para murid belum mengenal siapa anda dan karena alasan tersebut mereka malas untuk terbuka.

Permainan berikut ini lebih baik bagi murid yang bahasa Inggrisnya sudah tingkat advance. Permainan ini akan memberikan suasana kelas yang menyenangkan dan membuat mereka lebih mengenal anda dan teman-teman sekelasnya.

Anda menunjukkan sebuah kertas kosong kepada para murid lalu memberitahu mereka bahwa kertas tersebut adalah sebuah foto yang ingin anda ceritakan dengan mereka. Foto tersebut bisa apa saja terserah imajinasi anda.

Contoh:

“This is a photo of me in Bali. I went there 2 years ago with my family – you can see my family in the background just next to the trees – can you see them? It was a beatiful day; the sun is starting to set behind me. You can see the amazing colours of the sun set, reds, golden yellows, dark oranges, etc. We had just been for a swim and you can see the sea behind me. Afterwards we had dinner on the beach and it was a wonderful day”.

Lalu anda dapat memberikan kesempatan kepada setiap murid untuk menunjukkan foto mereka masing masing dan menjelaskan cerita dibaliknya.

Nilai positif dari permainan ini adalah anda dan para murid akan lebih fokus terhadap kertas yang diceritakan daripada orang yang memegangnya sehingga hal ini akan membuat semua menjadi lebih rileks. Game ini juga akan membuat para murid untuk menggunakan imajinasi dan kalimat yang mereka gunakan.

Dalam game yang sedang berjalan anda bisa mengevaluasi bagaimana performa mereka dalam bercerita. Tentunya para murid akan lebih mengontrol apa-apa saja yang mereka ingin ceritakan sehingga hal ini akan memberikan informasi kepada anda mengenai tema-tema yang menjadi ketertarikan mereka. Bisa olahraga, travel, keluarga atau yang lainnya.

Permainan bintang.

Jika murid yang anda ajar level bahasa Inggrisnya rendah, maka permainan berikut ini lebih cocok untuk dimainkan karena kesederhanaannya dan keefektifannya.

Anda menggambarkan sebuah bintang di papan tulis dan di setiap ujung dari bintang tersebut anda tuliskan satu informasi mengenai data pribadi anda.

Contoh:

Juju, Bandung, Jakarta, 30, chocolate, green.

Anda lalu mengatakan:

  • My name is Juju.
  • I live in Bandung.
  • I am from Jakarta.
  • I am 30 years old.
  • I like chocolate.
  • My favourite colour is green.

Masing-masing murid lalu menyelesaikan bintang mereka dan berbagi informasi mengenai diri mereka kepada semua di kelas.

Untuk setiap metode mengajar bahasa Inggris sebenarnya semuanya bisa menyenangkan asalkan anda sebagai guru juga bersemangat dalam mengajar. Tentunya Kita tak bisa mengharapkan sebuah kelas yang menyenangkan kalau kita sendiri tidak bersemangat.

Nantikan tips mengajar bahasa Inggris berikutnya. Silahkan tinggalkan komentar bagi yang ingin berdiskusi.

2 thoughts on “Coffe Break Dalam Mengajar Bahasa Inggris

  1. Noer March 25, 2014 / 01:17

    Mengajar rupanya perlu banyak improvisasi agar si murid gak ngantuk ataw bosan. Contoh2 permainan yg bagus.Sukses selalu sobat…

    • jujubandung March 29, 2014 / 06:25

      sip, ya begitulah mengajar memang harus ada seninya.. semoga sukses juga..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s