Error 403 setelah ganti permalinks

Error 403 setelah ganti permalinks

Jadi ceritanya kamu ingin ganti permalinks nih…cie-cie…gaya euy…:D

Tapi tiba-tiba setelah kamu ganti permalinks dan kamu cek blog WordPress kamu, post-postnya maupun blognya tidak bisa diakses dan muncul pesan forbidden serta error 403 seperti diatas.

Pastinya kamupun bingung dan panik dong… tapi nggak perlu sampai putus asa begitu juga apalagi sampai sedih dan mau bunuh diri… masih banyak jalan menuju Roma.. hehe…

Langsung saja ya kita bahas bagaimana caranya mengatasi masalah diatas…

1. Kalau kamu masih bisa masuk ke dashboard WP, coba klik settings > permalinks, dibagian bawahnya kamu akan lihat tulisan:

“If your .htaccess file were writable, we could do this automatically, but it isn’t so these are the mod_rewrite rules you should have in your .htaccess file. Click in the field and press CTRL + a to select all”

dan dilanjutkan dengan beberapa baris code seperti :

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>

Artinya file .htaccess kamu nggak bisa di edit atau di write oleh WP. Hal ini bisa terjadi karena setingan permission file .htacces kamu yang tidak mengijinkan WP kamu untuk mengedit file tersebut.

File .htaccess ini bisa kamu lihat di folder atau directory tempat kamu menginstal WordPress.

Pertama kali kamu mencari file .htaccess ini mungkin filenya tidak bisa kamu temukan karena setingan defaultnya untuk file ini di hidden. Kalau begitu masuk ke cpanel, klik file manager. Lalu akan muncul pop up, seperti gambar di bawah. Checklist 2 pilihan ini: show hidden files sama skip this question. Kalau pop up ini tidak muncul, lihat ke bagian bawah cpanel cari link “reset all interface settings”. Klik link tersebut, klik kembali file manager, maka pop up tersebut akan muncul kembali.

Error 403 setelah ganti permalinks

2. Setelah masuk ke cpanel, klik file .htaccess, klik change permissions, dan pastikan setingan untuk file ini 644 biar bisa diedit. Dan klik change permissions nya.

Error 403 setelah ganti permalinks

3. Terakhir, edit file .htaccess nya secara manual dan tambahkan deretan coding yang diatas. Lalu save. dan WPmu kembali online dah.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

2 thoughts on “Error 403 setelah ganti permalinks

  1. sigit February 7, 2014 / 16:05

    Terima kasih tutorialnya. Sudah saya coba dan sukses!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s