Cara merubah password WordPress melalui phpMyAdmin

Cara merubah password WordPress melalui phpMyAdmin

Buat kamu-kamu yang suka mengutak atik blog berplatform WordPress entah itu tampilannya, pluginnya, atau apapun itu tentunya pernah berurusan dengan rusaknya blog WordPress yang kamu punya. Salah satu kerusakan tersebut adalah tidak bisa mengakses blog yang kamu punya. Nah berhubungan dengan hal itu, dalam artikel ini saya ingin memberikan sedikit tips tentang bagaimana caranya mengganti password blog yang kamu punya melalui tool phpMyAdmin yang ada di control panel hosting kamu.

Sebenarnya ada dua cara mengganti password blog, yaitu satu melalui wp-admin dan klik link “lost your password”, nah nanti akan konfirmasi melalui email admin. Tapi yang ingin saya bahas dalam artikel ini adalah cara yang kedua yaitu melalui phpMyAdmin yang ada di cpanel. Ok, tanpa basa basi lagi kita langsung saja:

1. Masuk ke cpanel, lalu klik tool phpMyAdmin, tidak perlu saya kasih tau lah yaw yang mana tool phpMyAdmin itu karena kamu-kamu pasti sudah pada pintar hal beginian. hehe.

2. Cari database WP di sidebar sebelah kiri dan klik, lalu cari table bernama wp_users dan klik edit. Nama awalan table wp_ mungkin sudah berubah kalau kamu pernah bermain-main dengan database yang ini.

Cara merubah password WordPress melalui phpMyAdmin

3. Setelah table wp_users terbuka, akan ada beberapa list user. Lihat di daftar tersebut, Kalau blog kamu usernya cuma satu ya berarti usernya cuma ada satu. Yang gawat adalah kalau ada daftar email lain yang kamu tidak tau punya siapa itu. Kemungkinan itu punya h@cker yang sudah menyusup ke blog kamu. Waspadalah!!

Cara merubah password WordPress melalui phpMyAdmin

4. Password yang tertulis disana sebenarnya adalah password kamu. Hanya saja password tersebut sudah dienkripsi terlebih dahulu menggunakan algoritma MD5 sehingga tidak bisa terbaca begitu saja. Kalau kamu mau mengganti password yang ada di sana menjadi password baru yang kamu mau, ikuti langkah berikut ini.

5. Cari di internet program MD5 Hash generator yang gratisan aja. Lalu masukkan password baru yang kamu inginkan dan minta program generator tersebut untuk mengolah password kamu. Copy dan paste password kamu yang telah dirubah oleh program enkripsi tersebut dalam tabel wp_users yang sudah kamu buka. Save tabel dan selesai.

Semoga bermanfaat.

One thought on “Cara merubah password WordPress melalui phpMyAdmin

  1. Dyman Blog April 28, 2013 / 05:42

    kerennn gann šŸ™‚
    makasih atas infonya .
    ane tunggu kunjungan baliknya yahhh šŸ™‚ …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s