Memperkenalkan kruptos 2

Kamu-kamu pasti sering nonton film-film yang bertema mata-mata atau spy seperti mission impossible. Dalam film tersebut ada beberapa cerita yang menyinggung tentang kerahasiaan data atau bagaimana data palsu dapat berperan dalam menghancurkan musuh seperti dalam film Duplicity yang dibintangi oleh Julia Roberts. Nah, artikel ini akan sedikit membahas tentang hal tersebut.

Enkripsi. Sebuah metode yang biasanya digunakan oleh spies, intelijen, pemimpin militer, dan diplomat dalam mengamankan data, dokumen, maupun pesan rahasia yang ingin diberikan kepada pihak lain agar si data tersebut tidak diketahui oleh pihak musuh.

Caranya mengamankan data tersebut adalah dengan merubah pesan rahasia tersebut menjadi sandi-sandi dan kode-kode rahasia (enkripsi) yang kemudian dirubah kembali ke bentuk aslinya (dekripsi) setelah pesan tersebut sampai ketujuan.

Dalam artikel ini saya ingin sedikit memperkenalkan program sederhana dan gratis untuk enkripsi dan dekripsi yang bernama kruptos 2 yang dikembangkan oleh Steve Beckett.

Memperkenalkan kruptos 2

Walaupun program ini sederhana tapi kalau kita tahu kemampuannya, maka program ini tidaklah sesederhana itu. Berikut ini adalah beberapa keistimewaannya:

  • Menggunakan 2 algoritma yaitu MD5-128 atau SHA-256 bit dan blowfish algoritma.
  • Dapat memproses semua jenis file
  • Dapat dikolaborasikan dengan windows explorer
  • Tidak terdapat backdoor ataupun metode lainnya untuk mengetahui data yang sudah dienkripsi, satu-satunya cara untuk mendapatkan file kembali adalah dengan memasukkan password yang benar.
  • Kita bisa membuat file yang dienkripsi bisa dibuka kembali tanpa menggunakan program ini dengan merubah file terenkripsi menjadi file executed.
  • Ada tambahan tool untuk menghapus file. Sebenarnya file yang kita hapus di komputer kita tidak benar-benar terhapus dan masih bisa diambil kembali dengan beberapa tools aplikasi. Nah, dengan tool ini kita bisa menghapus file dengan tidak menyisakan jejak sama sekali.
  • Merubah dan mengacak nama file yang telah terenkripsi sehingga orang lain tidak tahu sebenarnya file apa yang terenkripsi.

Memperkenalkan kruptos 2

Semoga bermanfaat dan membuat kita menjadi lebih aware tentang keamanan data.

One thought on “Memperkenalkan kruptos 2

  1. Dyman Blog April 26, 2013 / 12:51

    Belum pernah nyoba yg kaya gini gann ..
    saya simpann aja ,, dehh 😀 .
    tapii yg jelas postingan yg mantapp dan bermanfaat gannn 🙂 🙂
    .. ane tunggu kunjungan balik nya yahhh …

    Semoga Sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s