Lapisan Ozon di Bumi Kita

Anda pasti sudah tahu tentang ide untuk mencari planet baru yang bisa dihuni oleh manusia yang banyak digembar-gemborkan oleh ilmuwan dari luar negeri. Akan tetapi, bila kita melihat bumi kita, kita bisa menemukan bahwa bumi kita ini memang tempat yang tepat untuk manusia dan makhluk lainnya.

Posisi bumi di tata surya memungkinkan bumi mendapatkan sinar matahari yang tepat dan suhu yang nyaman, tidak terlalu panas atau dingin, yang cocok untuk kita semua. Akan tetapi, bila hanya dari posisi saja, maka bumi tidaklah cukup menjadi tempat yang nyaman untuk kita semua. Ada satu unsur lagi yang membuat bumi kita menjadi tempat yang nyaman untuk kita. Hal tersebut adalah lapisan ozon.

Apa Itu Ozon?

Ozon adalah lapisan tipis yang berada di lapisan stratosfir di atmosfir bumi kita. Lapisan tipis ini terdiri dari banyak zat ozon atau O3 yang terbentuk dari gas oksigen atau O2 yang terkena petir. Lapisan ozon berfungsi untuk melindungi bumi kita dari radiasi sinar ultraviolet yang datang dari sinar matahari. Lapisan ozon menahan 99% radiasi ini dan membiarkan 1% radiasi yang tidak berbahaya bagi makhluk hidup menuju ke bumi. Pada dasarnya, kita bisa mengatakan bahwa ozon adalah gas yang baik dan berguna untuk hidup kita saat ini.

Ozon Saat Ini

Sayangnya, bila kita melihat lapisan ozon diatmosfir bumi kita saat ini, kita bisa menemukan fakta menyakitkan. Lapisan ozon saat ini sudah menjadi sangat tipis. Bahkan dibeberapa bagian bumi kita, seperti kutub, lapisan ozon sudah berlubang. Hal ini akan membawa banyak dampak buruk bagi kehidupan di muka bumi. Akibat yang paling mengerikan adalah radiasi sinar matahari yang menuju ke bumi tidak lagi tersaring oleh lapisan ozon. Dan hal ini akan mengakibatkan banyak masalah kesehatan, seperti kanker kulit.

Selain itu, panas yang dibawa oleh sinar matahari juga akan meningkat. Hal ini menyebabkan meningkatnya suhu di permukaan bumi yang mengakibatkan banyak kejadian yang merugikan manusia dan makhluk lainnya, seperti kebakaran hutan dan cuaca yang tidak menentu. Hal yang paling disayangkan adalah semua masalah yang menimpa lapisan ozon banyak diakibatkan oleh manusia.

Salah satu penyebab yang membuat ozon rusak adalah penggunaan CFC yang biasanya digunakan pada kulkas dan pendingin ruangan. CFC berperan dalam mengurai rangkaian molekul O3 dan hal ini yang menipiskan dan melubangi lapisan ozon kita.

Mengatasi Masalah Pada Lapisan Ozon

Saat ini sudah banyak perusahaan dan negara yang ikut serta dalam upaya untuk mengurangi bahkan menyelesaikan masalah yang terjadi pada lapisan ozon. Salah satunya adalah penggantian zat CFC dengan zat lain yang lebih ramah lingkungan, yang disebut dengan HCFC. Banyak perusahaan yang menggunakan zat ini untuk produk kulkas dan pendingin ruangan mereka. Selain itu, memperbanyak pengurai karbondioksida juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah ini.

Pengurai karbondioksida adalah tanaman. Sehingga, menghijaukan lingkungan kita juga merupakan tindakan menyelamatkan lapisan ozon kita. Dan yang paling penting adalah mengurangi polusi dengan mengurangi penggunaan mobil pribadi kita. Bersepeda atau berjalan kaki menjadi salah satu cara yang tepat untuk hal ini. Selain menyelamatkan lapisan ozon, cara ini juga akan membuat hidup kita lebih sehat dan baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s