[Tokoh] Mang Oded

mang oded

Akrab disapa Mang Oded oleh sahabat-sahabatnya, pria yang sebenarnya bernama lengkap Oded Muhamad Daniel ini memiliki sikap mengayomi yang selalu ditunjukkan dalam pergaulan kesehariannya. Mang Oded adalah gambaran anggota masyarakat kebanyakan yang bersahaja, ramah, santun, dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi.

Terlahir di kota santri Tasikmalaya sekitar 50 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 15 Oktober 1962, Mang Oded sejak kecil telah membiasakan diri hidup sebagai seorang wirausahawan. Pengalamannya secara langsung dalam dunia usaha ini juga telah mendorong Mang Oded melakukan pemberdayaan ekonomi terhadap masyarakat sekitarnya.

Lewat tangan dinginnya lahir kelompok-kelompok usaha kecil, koperasi maupun Baitul Maal Wat Tamwil. Hal ini merupakan modal yang cukup kuat dan komprehensif dalam memberikan kerangka berfikir dalam pengembangan ekonomi kerakyatan.

Sementara perjalanannya menempa diri dengan ilmu agama di pesantren, berorganisasi (PII dan PKS), kemudian membangun keluarga harmonis, lalu kiprah kemasyarakatan yang luas dari mulai jabatan ketua RW, pembina koperasi, pembina paguyuban seni dan wayang dakwah hingga menjadi anggota legislatif dan ketua fraksi menjadi bekal yang lengkap bagi Mang Oded untuk memberikan sumbangsihnya bagi pembangunan kota Bandung tercinta. Ditambah pengalamannya dalam membimbing generasi muda agar memiliki akhlak yang luhur serta pemahaman yang luas tentang agama memberikan warna religius dalam pengelolaan masyarakat yang madani.

Berbekal memiliki misi menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih dan melayani, serta latar belakang keluarga yang merupakan keluarga aktivis dan politisi (salah satu adiknya DR M Shohibul Iman adalah wakil ketua DPR RI) Mang Oded sangat memahami bagaimana membangun komunikasi dan kerjasama dengan seluruh stakeholder pembangunan di kota Bandung.

Apalagi ditopang dengan gaya kepemimpinan yang egaliter memungkinkan Mang Oded mampu bekerjasama secara sinergis dengan siapapun, sehingga semua ini menjadi modal mang Oded yang maju menjadi calon wakil walikota Bandung bersanding dengan tokoh muda berwawasan maju Muhammad Ridwan Kamil.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s