Ancaman Kekeringan di Indonesia

Persiapkanlah diri Anda karena Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memperkirakan bahwa pada bulan Mei hingga Juni hampir seluruh wilayah di negara Indonesia akan memasuki musim kemarau. Bahkan hingga pada akhir bulan April ini, beberapa wilayah di Indonesia seperti Aceh utara, Maluku tengah, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat sudah mulai memasuki musim kemarau.

Musim kemarau merupakan hal yang wajar terjadi di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Hal tersebut tidak lain merupakan akibat dari posisi geografis Indonesia yang terletak di sekitar garis khatulistiwa dan merupakan daerah pertemuan angin antar tropis, namun musim kemarau di Indonesia seringkali menjadi sebuah bencana bagi lingkungan dan ekosistem disekitarnya karena hal tersebut menyebabkan kekurangan pasokan air dalam jangka waktu yang cukup lama atau biasa disebut dengan kekeringan. Beberapa wilayah di Indonesia seperti NTT dan NTB saat ini bahkan tengah mengalami bencana kekeringan luar biasa yang membuat mereka mengalami krisis dalam berbagai sektor seperti perekonomi dan pertanian secara berkepanjangan.

Penyebab kekeringan

Selain karena posisi geografis Indonesia yang membuat wilayahnya menjadi sangat rawan akan bencana kekeringan, terdapat pula beberapa faktor pemicu lain yang disebabkan oleh ulah manusia yang membuat kekeringan di Indonesia semakin parah dan meluas hingga ke beberapa daerah yang tadinya merupakan wilayah subur.

Salah satu penyebab terjadinya bencana ini adalah gangguan keseimbangan hidrologis. Gangguan hidrologis yang biasa terjadi di wilayah Indonesia adalah alih fungsi lahan di berbagai daerah aliran sungai sehingga tanah tidak dapat menyerap air dengan baik. Hal tersebut juga menyebabkan waduk dan saluran irigasi, yang merupakan sumber cadangan air bagi masyarakat, terisi sedimen sehingga debit air pun ikut menurun dengan signifikan sehingga saat musim kemarau tiba, tidak ada lagi cadangan air dan membuat daerah tersebut dilanda kekeringan.

Selain itu, kekeringan juga bisa diakibatkan oleh ketidaktaatan para petani yang memaksakan diri untuk melakukan penanaman pada musim kemarau sehingga akan mempengaruhi pola penggunaan air. Hal tersebut membuat kebutuhan air menjadi lebih besar dari pada yang seharusnya saat musim kemarau tiba sehingga cadangan air pun tidak dapat mencukupi semua kebutuhan masyarakat akan air.

Dampak kekeringan;

Siap atau tidak, kekeringan yang mengancam beberapa wilayah di Indonesia akan mengakibatkan beberapa dampak yang akan mempengaruhi kehidupan masyarakat di wilayah tersebut. Kekeringan dapat mengakibatkan turunnya produksi pertanian atau gagalnya masa tanam yang akan mengakibatkan kerugian finansial pada para petani.

Kekeringan yang sering melanda beberapa daerah pemasok bahan pangan seperti padi juga akan mengakibatkan turunnya stok bahan pangan nasional yang membuat kita harus mengimport bahan pangan dari negara lain. Selain itu, kekeringan pun akan memberi dampak negatif bagi makhluk hidup selain manusia dan sangat mungkin menyebabkan ketimpangan ekosistem lingkungan di daerah yang mengalami kekeringan.

Upaya Mengatasi Kekeringan

Masalah kekeringan yang melanda Indonesia tentu saja harus segera ditangani sebelum meluas ke berbagai daerah dan menjadi sebuah bencana yang mengakibatkan kerugian dalam skala nasional.

Sosialisasi kepada para petani mengenai pentingnya menerapkan jadwal tanam sesuai dengan musim yang berlaku akan sangat membantu kita dalam mengatasi bencana kekeringan karena pasokan air akan terjaga dengan baik dengan menerapkan pola tanam yang benar. Diperlukan pula pembangunan saluran irigasi yang baik serta konservasi lahan sekitar daerah aliran sungai agar suplai air tidak terganggu. Selain itu kekeringan juga dapat diatasi dengan mengembangkan budidaya hemat air yang tetap akan membangun segi ekonomi masyarakat tanpa menyerap banyak cadangan air.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s