Kapan dan Bagaimana Melakukan Home Improvement

Kapan dan Bagaimana Melakukan Home Improvement

Ruang makan. Photo used under Creative Commons from jinkazamah

Rumah yang menempati ruang hati pemilik atau penghuninya terkait dengan minat dan selera masing-masing. Pemilik dan penghuni akan menata ruangan-ruangan dalam rumah sesuai dengan karakteristiknya.

Demikian, sebuah rumah menjadi properti unik, sebab terdapat jejak penghuni atau pemilik. “Jejak” ini tentu dibuat dan diaplikasikan dalam rancangan, baik desain interior maupun eksterior berdasarkan kepribadian dan kesukaannya. Hal-hal yang disukai bisa menentukan atmosfer ruangan agar bisa menyesuaikan kepribadian dan kekhasan pemilik.

Beberapa orang yang mendiami sebuah rumah, walaupun mempunyai ikatan darah yang sama, tidak bisa dimungkiri memiliki perbedaan watak dan pemikiran. Sehingga bila renovasi dilakukan, tidak heran akan ada berbagai usulan dan gagasan dalam memugarnya, dan bahkan meminta kamarnya untuk dirancang berbeda dari yang lainnya.

Karena itulah, penting untuk mendiskusikan segala hal mengenai perombakan rumah bersama keluarga atau siapa pun yang tinggal bersama agar tampilan rumah semakin cantik dengan suasana yang hangat penuh keintiman seluruh penghuni.

Saat Tepat Merombak Rumah

Merombak rumah bukan sekadar dengan alasan jemu dan lantas hanya sekadar mengubah warna cat atau memindahkan letak furnitur, dan sebagainya, namun juga untuk mendapatkan manfaat sebanyak-banyaknya dari alam demi kesehatan.

Ingin mengoptimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami, sehingga mengubah desain rumah yang telah dibangun serta menambah bukaan agar udara dan cahaya matahari bisa berganti dan masuk dengan leluasa. Ini tentu sangat berguna untuk melakukan penghematan, lebih-lebih di negara tropis.

Ventilasi yang cukup akan mengurangi ketergantungan pemakaian pendingin ruangan, karena rumah dapat teraliri udara dan angin segar dari luar.

Sebaliknya, dengan sistem pencahayaan alami yang baik, penghuni dapat menghemat pemakaian lampu. Bila banyak cahaya matahari masuk ke dalam rumah, penghuni tidak perlu menyalakan lampu di pagi hingga sore hari di saat cuaca terang.

Alasan lain mungkin karena ingin mengubah kamar bayi menjadi ruangan dengan fungsi lain, misalnya perpustakaan mini atau ruang bermain karena sang bayi sudah beranjak besar dan sudah waktunya mendapat kamar anak biasa.

Berkreativitas dan Meminta Saran Pakar

Mengganti desain rumah demi kepuasan dalam hal artistik dan kreativitas mungkin jarang dilakukan, dan kebanyakan orang bila menginginkan pergantian suasana demi memenuhi hasrat akan daya kreasi juga cita rasa artistik dan estetika biasanya hanya sekadar mengganti, menambah, atau mengurangi dekorasi alias hiasan ruangan sesuai selera.

Karena bahkan, bisa disepakati bahwa hanya dengan menambahkan satu ikat atau cuma satu kuntum bunga segar—mawar, tulip, lili, aster, anyelir, dan lainnya—dalam vas yang elok akan memberikan nuansa cerah, anggun, dan romantis pada ruangan yang tadinya terkesan muram.

Atmosfer dan suasana suram yang tadinya membelenggu dapat dihapus hanya dengan satu sentuhan berupa bunga dan tanaman hias lain, atau mungkin warna dan pola kain gorden. Namun dengan perombakan rumah, hingga menjebol dinding bahkan membangun ruang tambahan di samping atau di atas, dapat benar-benar mengubah suasana hati dan atmosfer rumah sama sekali.

Berkreativitas dapat mewujudkan rumah bertema antik, tradisional, klasik, retro, eklektik, modern, kontemporer, minimalis. Mengisi rumah dengan perabotan dan dekorasi yang sesuai dapat mendukung tema tersebut.

Di luar itu, berekspresi dengan rancangan rumah memang bagus, namun bila tidak memiliki keahlian khusus dalam hal tertentu terkait pembangunan rumah, alangkah baiknya bila meminta bantuan dari para profesional yang berkompeten.

Mendesain denah dan arsitektur rumah memang menyenangkan dan mungkin tampak mudah, namun ada perhitungan angka-angka dalam skema yang harus diserahkan kepada ahlinya agar akurat, sehingga ketika angka-angka tersebut direalisasikan, tidak akan meleset atau menimbulkan masalah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s