Mengajari Anak Melestarikan Lingkungan Sekitar

Mengajari Anak Melestarikan Lingkungan Sekitar

Photo used under Creative Commons from woodleywonderworks

Kondisi lingkungan sekitar kita sudah semakin rusak parah. Kerusakan lingkungan itu bisa dilihat dari begitu banyaknya berita tentang banjir. Bahkan beberapa saat yang lalu, ibukota sempat lumpuh karena banjir yang menggenangi mencapai lebih dari satu meter bahkan ada yang sampai dua meter di beberapa tempat di Jakarta.

Indikasi kerusakan lingkungan yang lain adalah banyaknya tanah longsor serta kekeringan pada musim kemarau. Hal-hal tersebut hanya sebagian kecil indikasi kerusakan alam yang terjadi.

Disekitar kita, kerusakan lingkungan bisa dilihat dari tercemarnya sungai-sungai dengan limbah yang berbau serta beracun sehingga air dari sungai tidak bisa dipergunakan lagi untuk kebutuhan sehari-hari, banyaknya sampah-sampah yang tidak bisa didaur ulang seperti sampah plastik dan asbes.

Kerusakan semacam itu bisa mengancam masa depan lingkungan sekitar kita dan secara langsung juga mengancam masa depan anak cucu kita. Oleh sebab itu, kita harus proaktif dan ikut berusaha melestarikan lingkungan sekitar kita.

Ada baiknya kita mengajak anak cucu kita untuk ikut belajar melestarikan lingkungan skitar sehingga pada saat mereka besar nanti, kebiasaan melestarikan lingkungan sudah terbentuk dalam kepribadian mereka.

Mengajak Anak Melestarikan Lingkungan.

Anak-anak adalah sosok manusia yang masih berusia muda dan oleh karenanya masih mempunyai masa depan yang panjang dan cerah. Anak-anak mempunyai usia potensial untuk dibangun agar bisa menghargai lingkungan hidup dan ikut melestarikannya. Oleh sebab itu sangat ideal jika kita mengikut sertakan mereka dalam menjaga lingkungan hidup.

Namun banyak orang tua yang sudah mencoba mengajak anak untuk melestarikan lingkungan hidup berkata bahwa mengajari anak untuk peduli lingkungan sangat sulit karena anak belum mampu mengerti arti lingkungan hidup bagi masa depan mereka. Oleh sebab itu perlu taktik yang jitu untuk mengajak anak melestarikan lingkungan.

Sangat dibutuhkan kesabaran serta ketelatenan yang tinggi untuk mengajari sesuatu yang baru kepada anak. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membawa anak menyusuri lingkungan sekitar dan memberi pengertian kepada mereka tentang kerusakan lingkungan berdasar apa yang saat itu dilihat oleh anak.

Cara yang paling asyik adalah mengajak anak anda memancing disungai dan kemudian tunjukkan kepada mereka bahwa tumpukan sampah yang ada disungai membuat ikan-ikan menjadi mati atau tidak bisa berkembang. Ajak mereka melihat-lihat lingkungan yang lain sehingga anak menjadi tertarik terhadap lingkungan sehingga saat anda memberitahu tentang pentingnya lingkungan, anak menjadi tertarik juga.

Berilah Contoh Melestarikan Lingkungan.

Mengajari anak untuk ikut melestarikan lingkungan tidak cukup dengan teori dan ceramah saja, yang paling penting adalah bukti nyata serta contoh yang konkret tindakan pelestarian lingkungan. Hal ini bisa anda lakukan dengan kegiatan sehari-hari yang cukup mudah dilakukan seperti tidak membuang sampah sembarangan, membawa tempat belanja sendiri ketika berbelanja kebutuhan di mall, menanam pohon serta membersihkan lingkungan sekitar.

Sembari anda memberi contoh kepada anak anda, berilah penjelasan yang baik tentang alasan kenapa kita harus melestarikan lingkungan sekitar kita. Ajari dengan seksama agar anak bisa ikut melestarikan lingkungan.

Memang sulit pada awalnya karena anak tidak suka kegiatan semacam itu, namun dengan ketekukan dan contoh yang berkali-kali maka anak pasti akan segera mencontoh. Jika dilakukan berulang-ulang maka semangat pelestarian lingkungan akan tertanam dengan sendirinya didalam kehidupan anak anda dan mereka akan melakukannya setiap saat. Dengan begitu, masa depan mereka akan terjamin dengan semakin lestarinya lingkungan sekitar kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s