Inovasi di Bidang Lingkungan

Inovasi di Bidang Lingkungan

Reichstag. Photo used under Creative Commons from luke

Jumlah populasi manusia semakin bertambah setiap tahunnya. Hal ini berbanding terbalik dengan jumlah pasokan energi yang ada di bumi kita. Dikhawatirkan akan ada saatnya di mana bumi mengalami kehancuran karena sudah tidak mampu menghasilkan energi lagi bagi kebutuhan manusia. Untuk mencegah hal ini, banyak para ahli yang sudah menciptakan teknologi ramah lingkungan yang bisa digunakan terus menerus tanpa mencemari bumi.

Perhatian yang terus menerus akan inovasi di bidang teknologi ramah lingkungan diharapkan bisa mempengaruhi masyarakat untuk ikut bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan. berikut ini adalah review singkat tentang teknologi ramah lingkungan.

Air Tree

Spanyol menciptakan sebuah bangunan yang seluruhnya terbuat dari barang-barang bekas. Semua barang ini didaur ulang kembali menjadi satu bangunan yang berfungsi untuk pemeliharaan tanaman. Bangunan ini didesain dengan ventilasi alami dan perlindungan dari panas matahari.

Energi listrik yang digunakan berasal dari energi matahari yang dikumpulkan dari panel surya yang berada di kanopi. Energi listrik yang dihasilkan nantinya akan digunakan untuk menyiram dan merawat tanaman yang berada di gedung tersebut.

The Reichstag

The Reichstag adalah nama dari gedung parlemen yang berada di Jerman. Gedung ini didesain dengan pengoptimalan penggunaan kaca dan cermin untuk memantulkan cahaya. Jadi, bisa dikatakan bahwa gedung parlemen ini sudah tidak lagi memerlukan lampu penerang buatan di dalamnya.

Selain itu, gedung ini juga didesain agar mampu menampung air hujan. The Reichstag ternyata mampu menarik perhatian para turis asing dan domestik sehingga tempat ini juga berfungsi sebagai salah satu tujuan wisata di Jerman.

The Science Barge

Konsep menanam di atas tanah sepertinya sudah tidak berlaku bagi The Science Barge. Gedung ini menerapkan sistem menanam di atas air. The Science Barge memanfaatkan semua sumber alami dari bumi seperti tenaga surya, angin dan bahan bakar bio untuk bisa bekerja. Tidak ada satupun bahan bakar fosil yang digunakan sehingga sama sekali bebas pencemaran lingkungan.

Tanaman dalam The Science Barge dikembangkan dengan sistem hidroponik. Sistem ini memungkinkan tanaman untuk tetap mendapat suplai energi hanya dari air saja. Hal ini disebabkan karena tanah di New York sudah tidak sehat lagi dan bisa mengganggu pertumbuhan tanaman. Anda bisa mengunjungi The Science Barge di atas Sungai Hudson, New York. Selain sebagai tempat pertumbuhan tanaman, gedung ini juga digunakan sebagai tempat edukasi lingkungan.

Rumah Susun

Jumlah populasi penduduk yang semakin meningkat mencetuskan ide yang luar biasa dari Pemerintah Denmark tentang rumah susun ramah lingkungan. Rumah susun ini didesain untuk bisa menampung penduduk dalam jumlah banyak dengan konsumsi energi sehemat mungkin. Fasilitas yang terdapat di rumah susun ini cukup lengkap.

Penduduknya bahkan sudah tidak perlu lagi naik kendaraan umum untuk sekedar berbelanja maupun pergi ke kafe. Yang menarik dari rumah susun ini adalah desainnya yang terbuka sehingga memungkinkan banyak energi matahari untuk bisa masuk. Selain itu juga terdapat tanaman yang ditanam pada atap rumah susun. Tanaman ini membantu agar permukaan tanah tetap sejuk dan nyaman.

Hutan Kota

Singapura membuka kompleks vegetasi seluas hampir satu juta meter persegi. Kompleks yang dinamai Gardens by The Bay ini ditujukan untuk mengurangi pemanasan yang berada di Singapura. Pohon-pohon raksasa setingi 25 hingga 50 meter ditanam di sekeliling kompleks untuk mengatur aliran udara dan mengumpulkan air hujan.

One thought on “Inovasi di Bidang Lingkungan

  1. sumaryo October 14, 2014 / 08:34

    sangat menarik dan membantu kami. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s