Bandung Heterogen

Bandung Heterogen

Braga Festival, Bandung (CC BY 2.0prassprasetio)

Jakarta boleh jadi merupakan sebuah Ibu kota negara Indonesia yang tumbuh dengan sangat pesat dan kemajuannya dalam berbagai aspek baik itu perekonomian, pendidikan, dan teknologi kini seperti meroket menembus ketatnya lingkaran persaingan antar negara-negara di dunia.

Namun, tidak hanya Jakarta, Bandung pun mengalami hal serupa yang tidak kalah ekstremnya. Sebuah kota di provinsi Jawa Barat yang sekaligus menjadi ibu kota provinsinya itu juga mengalami banyak sekali perubahan di setiap sudut lingkungan masyarakatnya. Berbagai perubahan besar dan kecil mulai timbul ke permukaan sebagai akibat berkembangnya kota ini menyusul kota-kota lainnya yang sudah lebih dulu maju.

Ragam Kota Bandung

Hampir setiap kota besar memiliki keunikannya sendiri, begitu pula yang terjadi di Bandung. Meskipun penduduk di kota ini masih menjunjung tinggi adat sunda yang sangat menekankan pada aturan tata krama, namun hal itu tidak menjadi batasan atau halangan bagi segenap warga kota Bandung untuk berupaya menyerap berbagai macam kebudayaan tradisional dan modern dari daerah-daerah lain bahkan dari luar negeri sekalipun demi kemajuan lingkungan sekitar mereka.

Sebagai contoh, seperti di negara-neara maju pada umumnya, kota Bandung juga memiliki beberapa taman kota yang berfungsi sebagai ruang hijau dan ruang terbuka bagi masyarakat umum yang ingin bersantai menikmati semilir angin di kota ini.

Atau yang lainnya, ambillah satu contoh saja, jl. Braga misalnya. Lingkungan Jl.Braga sangat identik dengan kehidupan zaman pemerintah kolonial Belanda dulu, bangunan-bangunan khas negeri kincir angin itu menjadi sebuah pemandangan lumrah yang memberikan kesan klasik dan elegan.

Tidak hanya itu, demi mempertahankan keasliannya sebagai lingkungan cagar budaya, bangunan-bangunan permanen yang terdapat di sepanjang jalan Braga dilarang mengalami modifikasi atau renovasi yang dapat mengubah bentuk asalnya. Seolah melengkapi gaya klasik tempo dulu, di sepanjang jalan Braga yang beralaskan susunan batu-batu andesit ini juga terdapat larangan bagi kendaraan berukuran besar untuk melaluinya.

Jutaan ragam kuliner dari berbagai penjuru Indonesia pun tersaji di kota Bandung, tidak hanya panganan lokal saja, berbagai kuliner mancanegara pun kini dapat dengan mudah kita temui ketika berkunjung ke kota Bandung. Uniknya, meskipun ragam kuliner yang kita temui seolah biasa saja mengikuti keasliannya, namun ada beberapa gerai makanan yang berkreasi menciptakan berbagai modifikasi dari resep-resep yang ada.

Bandung Kota Seni

Selain keramahan penduduknya dan juga keragaman kuliner, Bandung juga dikenal sebagai lingkungan yang tidak hanya mampu, tapi juga berhasil melahirkan seniman-seniman ternama dan professional yang sangat berbakat di bidang musik. Dewasa ini banyak sekali public figure yang bergerak di bidang seni dan berhasil menarik perhatian pemirsa di seluruh ndonesia bahkan mancanegara adalah putra-putri terbaik yang lahir dan besar di kota ini.

Sebut saja penyanyi legendaries Alm. Nike Ardilla yang meskipun telah lama meninggalkan bumi pertiwi ini namun semasa hidupnya beliau banyak meretas tembang-tembang cinta yang mengantarnya melejit menuju puncak karirnya.

Bahkan kini, meskipun beliau telah berpulang, namun karya dan sosoknya tetap abadi di hati para penggemarnya. Terbukti dengan masih bertahannya klub penggemar Nike Ardilla dan didirikannya museum yang mengabadikan barang-barang peninggalan almarhum.

Selain itu, sebuah band fenomenal bernama Peterpan pun lahir dari kota ini. Perjuangan mereka membentuk dan membesarkan sebuah band fenomenal bernama Peterpan yang sangat dikenal di lingkungan anak muda Indonesia pun berawal dari kota Bandung yang penuh persaingan di bidang seni terutama musik. Banyak penyanyi papan atas berkualitas berasal dari kota kembang ini.

Bandung Masa Kini

Namun sayangnya, semua kemajuan yang dialami kota Bandung ini juga tidak pernah terlepas dari kabar-kabar yag tidak sedap. Ada saja pemberitaan yang tidak menyenangkan yang berasal dari kota kembang ini mulai dari tingginya kasus-kasus kriminal, lingkungan yang kini sudah tidak sehat, pergaulan bebas yang mengancam generasi muda, hingga peredaran obat-obatan terlarang yang membuat sebagian orang enggan datang ke kota ini karena merasa tidak aman.

Hal itu bisa berdampak buruk karena dapat mengurangi pendapatan regional, serta menimbulkan citra buruk di mata dunia. Oleh karena itu, kini banyak komunitas yang bergerak di bidang kemanusiaan, sosial, dan pelestarian lingkungan yang berupaya melakukan perbaikan citra serta perbaikan kualitas kota Bandung ini karena sebenarnya Bandung bukanlah kota yang sebegitu menakutkannya hingga pantas untuk dihindari oleh semua orang. Hal inilah yang kini selalu diusahakan oleh para generasi muda di kota Bandung.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s