Ekonomi Hijau untuk Kelestarian Lingkungan

Definisi Ekonomi Hijau

Permasalahan yang berkaitan dengan lingkungan hidup memang menarik untuk dibahas. Berbagai hal mulai dari penyebab lingkungan mengalami kerusakan dan solusi perbaikan kualitas lingkungan hidup sering menjadi topik hangat yang sering banyak dibicarakan orang.

Lingkungan hidup merupakan salah satu aspek yang penting dalam hidup manusia karena apabila terjadi kerusakan lingkungan, dampak kerusakan akan berpengaruh langsung terhadap kualitas hidup manusia. Contoh nyata yang dapat dirasakan adalah cuaca ekstrim yang sering melanda di berbagai wilayah Indonesia sebagai akibat dari pemanasan global (global warming) yang terjadi karena peningkatan suhu panas secara global.

Solusi untuk mengatasi dan meminimalisir kerusakan lingkungan sebenarnya banyak ditemukan dalam seluruh aspek hidup manusia tetapi semua bergantung pada diri masing-masing apakah mau melakukan dan menerapkan solusi tersebut. Terdapat salah satu solusi yang saat ini sedang marak dibicarakan oleh para pemerhati kelestarian lingkungan hidup yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi yaitu Ekonomi Hijau (Green Economy).

Ekonomi Hijau merupakan sebuah konsep ekonomi yang memiliki tujuan peningkatan kesejahteraan manusia dan keadilan atau kesetaraan sosial manusia. Terdapat juga tambahan pengertian di dalam konsep Ekonomi Hijau yaitu perekonomian yang hemat dalam pemakaian sumber daya alam, rendah karbon dengan tidak menghasilkan emisi dan polusi, serta perekonomian yang berkeadilan sosial.

Sumber daya alam dieksploitasi secara besar-besaran untuk memenuhi pola hidup manusia yang makin moderen tetapi pola hidup yang tidak berkesinambungan dengan alam ini justru mengancam kehidupan jangka panjang manusia itu sendiri.

Polusi lingkungan, peningkatan emisi gas kaca, banyaknya spesies langka yang punah dan berkurangnya jumlah kawasan hutan merupakan bentuk nyata dari ketimpangan antara pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat dengan kelestarian lingkungan dan kesetaraan sosial. Oleh karena itu, konsep Ekonomi Hijau hadir sebagai solusi perbaikan lingkungan yang berkesinambungan dengan kegiatan atau aktivitas ekonomi manusia.

Penerapan Ekonomi Hijau di Indonesia

Ekonomi Hijau memang belum terlalu populer di Indonesia tetapi ini bukanlah hambatan untuk menerapkan konsep Ekonomi Hijau di Indonesia. Ekonomi Hijau secepatnya harus diterapkan oleh Indonesia sebagai bentuk nyata bahwa Indonesia tidak sekedar ‘omong belaka’ dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Salah satu wujud Indonesia ikut menerapkan konsep Ekonomi Hijau adalah dengan berkomitmen pada tahun 2020 akan menurunkan emisi GRK (20%) dan sebesar 41% dengan bantuan berbagai pihak internasional. Dengan komitmen tersebut diharapkan pembangunan dengan konsep ekonomi hijau ini dapat mewujudkan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yaitu pembangunan merata di bidang ekonomi dan sosial, dan pembangunan tanpa mengabaikan aspek perlindungan lingkungan.

Selain komitmen di atas, Indonesia juga menerapkan suatu program yang dapat dijadikan sebagai penghubung antara penerapan Ekonomi Hijau dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang rendah karbon. Program ini bernama REDD+ (Reducing Emission from Deforestation and Degradation), program inipun dapat diterapkan pada setiap proyek pembangunan.

Penerapan Ekonomi Hijau merupakan tantangan bagi pemerintah Indonesia serta para pelaku bisnis di Indonesia. Pembangunan ekonomi yang adil yaitu pembangunan yang meningkatkan kesejahteraan hidup manusia tanpa harus mengurangi aset ekologi dan juga tanpa merusak kelestarian lingkungan. Ekonomi Hijau kelak akan semakin populer dan tidak hanya sekedar menjadi plihan solusi pelestarian lingkungan tetapi menjadi keharusan yang harus dilakukan oleh Indonesia untuk mewujudkan pembangunan yang pro-poor, pro-job, pro-growth dan pro-environment.

Dalam penerapan Ekonomi Hijau peran semua pihak baik dari pemerintah, swasta dan masyarakat sangat diperlukan demi kesuksesan Ekonomi Hijau.

Ekonomi Hijau untuk Kelestarian Lingkungan

Menumbuhkan uang. Photo used under Creative Commons from Tax Credits

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s