Jam-jam Kepedulian akan Bumi

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa telah banyak bukti yang menunjukkan pemanasan global benar – benar sedang terjadi saat ini. Salah satu fakta riil yang benar – benar terjadi di Eropa adalah terjadinya badai salju dan suhu dingin ekstrem di negara – negara Eropa.

Di negara – negara seperti Jerman ataupun Prancis, telah banyak kasus udara dingin yang menyebabkan bandara – bandara berhenti beroperasi dan bahkan timbul korban jiwa. Di Australia sendiri, musim panas yang biasanya bersuhu panas digantikan oleh udara dingin dari laut selatan. Bahkan sebuah kota di Australia sempat diselimuti oleh salju dan es.

Efek Rumah Kaca

Semua gejala cuaca ekstrim tersebut merupakan implikasi dari pemanasan global yang sedang terjadi sekarang ini. Gas rumah kaca yang sebenarnya memang secara alamiah terdapat di atmosfer kita menjadi sebab utama dari pemanasan global. Produksi karbon dioksida yang berlebihan menyebabkan gas rumah kaca di atmosfer menjadi lebih tebal.

Panas matahari yang masuk ke bumi seharusnya dapat dipantulkan ke luar angkasa namun karena terhalang oleh lapisan rumah kaca di atmosfer bumi, radiasi tersebut akhirnya berkumpul di lapisan bawah atmosfer dan menyebabkan suhu bumi naik. Kemudian suhu bumi yang tinggi ini menyebabkan lapisan es di Kutub Utara mencair.

Berkurangnya lapisan es di Kutub Utara ini menyebabkan energy matahari langsung diserap oleh permukaan laut dan air laut tersebut menguap. Keseluruhan rangkaian ini menyebabkan pola aliran udara di atmosfer berubah dan alhasil cuaca ekstrim yang tak biasalah yang kita dapatkan sekarang.

Pentingnya Kesadaran Individu

Perlu diketahui bahwa penyumbang terbesar dari gas rumah kaca adalah aktifitas manusia. Kita dengan segala kemudahan teknologi dan kecanggihan yang kita dapatkan mulai melupakan arti penting sebuah kepedulian akanlingkungan sekitar kita.

Dalam situs Earth Hour, sebuah organisasi lingkungan hidup yang diakomodasi oleh WWF, disebutkan bahwa produksi gas CO2 semakin meningkat dari tahun ke tahun. Dalam 10 tahun, produksi gas CO2 telah meningkat lebih dari 100% yang mana pada tahun 2007 kemarin produksi mencapai 100 juta ton CO2.

Listrik pun menjadi faktor penting yang perlu kita hemat karena kebanyakan pembangkit listrik masih bertenagakan bahan bakar fosil. Sektor rumah tangga dan industri tercatat sebagai konsumen daya listrik terbesar.

Dari data – data tersebut terlihat bahwa memang setiap individu memiliki peranan penting dalam mencegah proses pengrusakan bumi ke level yang lebih berbahaya lagi.

Maka dari itu, program Earth Hour, yang mana setiap orang wajib mematikan lampu selama 1 jam di hari yang sama, perlu mendapatkan simpati yang lebih besar dari banyak orang. Kegiatan ini awalnya hanya bermula di Sydney dimana sekitar 2 juta orang mematikan lampu rumah mereka masing – masing.

Kemudian, banyak negara di dunia menirunya dan hingga sekarang, kegiatan Earth Hour ini telah menjadi agenda rutin setiap tahunnya. Tahun 2013 ini Earth Hour akan dilaksanakan pada tanggal 23 Maret 2013 dari pk. 20.30 hingga 21.30.

Kampanye Earth Hour ini sebenarnya hanyalah suatu gerakan simbolik yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk peka dengan apa yang terjadi saat ini. Masyarakat diminta ikut berpartisipasi aktif dalam melestarikan lingkungan walau hanya dengan cara yang paling sederhana sekalipun.

Sesuai dengan temanya “Setelah 1 jam, Jadikan Gaya Hidup!”, gerakan ini lebih ingin mengundang masyarakat agar mulai melakukan hal – hal kecil seperti hemat energi untuk mengurangi produksi gas rumah kaca. Diharapkan lewat gerakan 1 jam ini, budaya untuk hidup mencintai lingkungan dan juga hemat energi dapat lambat laun tercipta demi kelangsungan bumi kita tercinta.

Jam-jam Kepedulian akan Bumi

Dampak dari global warming adalah bumi tenggelam. Photo used under Creative Commons from baldeaglebluff

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s