Bumiku, Harapanku

Saat ini isu kerusakan lingkungan hidup telah menjadi salah satu isu yang paling sering didengungkan oleh masyarakat dunia. Kesadaran akan kerusakan lingkungan yang dapat mengancam kelestarian hidup secara global ini telah disadari sejak puluhan tahun yang lalu dengan terbentuknya organisasi – organisasi lingkungan hidup seperti Green Peace dan lain – lain.

Dari waktu ke waktu iklim dipercaya memang mengalami perubahan secara dinamis. Hal ini dapat dibuktikan melalui lingkaran – lingkaran kambium pohon, inti lapisan es, dan endapan lautan. Namun, kenyataannya saat ini yang ditemukan oleh para ilmuwan adalah iklim berubah secara statis yang mana suhu bumi dari hari ke hari semakin meningkat.

Dipercaya bahwa perubahan iklim secara statis ini akan menjadi salah satu ancaman bagi kehidupan setiap makhluk di bumi. Kehidupan manusia akan terganggu dan bahkan akan banyak spesies hewan atau tanaman yang akan punah.

Penyebab Pemanasan Global

Banyak peneliti menyebutkan bahwa perubahan iklim ini sebagian besar dikarenakan oleh aktivitas manusia. Bahan bakar fosil dan gas rumah kaca yang diproduksi oleh alat – alat yang digunakan oleh manusia diyakini menjadi kunci dari peningkatan suhu global yang statis ini.

Semuanya bermula ketika revolusi industri terjadi yang mana banyak alat – alat yang menggunakan bahan bakar diciptakan untuk kebutuhan industri pada saat itu. Kemudian, bidang industri berkembang dengan pesat di mana banyak tercipta lapangan kerja yang menyebabkan transmigrasi penduduk dari daerah pedesaan menuju perkotaan.

Hal ini diiringi dengan semakin dibabatnya lahan – lahan hijau untuk dijadikan perumahan ataupun lokasi industri. Pencemaran lingkungan dan udara semakin menjadi – jadi dengan meningkatnya limbah hasil pabrik dan penggunaan sumber daya alam yang berlebihan.

Pada akhirnya efek gas rumah kaca yang sering kita dengar – dengar belakangan ini membuat suhu bumi semakin meningkat. Gas rumah kaca ini merupakan kumpulan gas buang alat – alat pendukung kehidupan manusia seperti mobil, motor, AC, gas pabrik, dan lain – lain.

Gas ini akan menyelimuti lapisan atmosfer bumi. Sinar matahari memang akan dapat tetap masuk ke bumi namun setelah itu, pantulan radiasi yang seharusnya menuju ke luar bumi malah tertahan oleh gas rumah kaca ini. Hal ini menyebabkan panas matahari akan terkumpul di lapisan bawah atmosfer bumi dan alhasil panas bumi akan terus meningkat secara drastis dari tahun ke tahun.

Kesadaran Akan Lingkungan Hidup

Sekarang ini, kesadaran akan pentingnya menjadi kelestarian lingkungan telah banyak digaungkan oleh organisasi – organisasi kemasyarakatan yang peduli akan kelestarian alam. Salah satu organisasi yang aktif melakukan kampanye lingkungan adalah Earth Hour.

Organisasi yang awalnya hanyalah sebuah gerakan mematikan listrik selama 1 jam di Sydney, Australia ini kemudian berkembang menjadi sebuah gerakan peduli lingkungan terbesar di dunia. Saat ini, ratusan negara telah berpartisipasi dalam gerakan Earth Hour.

Tahun 2012 kemarin sekitar 1,8 milyar penduduk bumi dari berbagai belahan dunia ikut mematikan penggunaan alat – alat listrik selama 1 jam demi kelestarian lingkungan.

Sebenarnya bila dicermati, gerakan seperti ini tidak akan dapat membantu banyak demi kelangsungan bumi kita, apalagi kepedulian ini hanya dilakukan 1 jam dalam 1 tahun sekali.

Namun, dari jargon yang disebarkan oleh organisasi ini “Setelah 1 jam, Jadikan Gaya Hidup!”, dapat kita simpulkan bahwa esensi sebenarnya dari gerakan mematikan listrik selama 1 jam ini lebih sebagai sarana persuasif bagi masyarakat umum agar mereka juga merasakan empati akan bahaya yang mengancam kelangsungan hidup bumi dan makhluk yang tinggal di dalamnya saat ini.

Bumiku, Harapanku

Kekeringan yang dialami oleh bumi. Photo used under Creative Commons from fontplaydotcom

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s