Tujuh Keajaiban Dunia Bawah Air

Sebuah asosiasi menyelam internasional, CEDAM International, memutuskan untuk mendata tujuh keajaiban dunia bawah air pada tahun 1989. Berikut ini merupakan daftar situs bawah air yang paling mengagumkan di dunia.

Kepulauan Galapagos

Kepulauan Galapagos terletak di Samudera Pasifik di sebelah barat Ekuador. Kepulauan ini tersebar dari lempeng bumi dari ventilasi lava bawah samudera di lantai samudera.

Gunung api geologi yang masih relatif baru ini menciptakan sebuah habitat yang kaya dengan berbagai macam flora dan fauna. Kekayaan ini sampai kini masih dipelajari dan dikagumi oleh banyak pihak termasuk ilmuwan, pecinta alam, dan traveler dari seluruh penjuru dunia.

Laut Merah Utara

Laut Merah Utara merupakan tempat tinggal beberapa jenis koral dan karang yang termasuk paling indah di dunia. Laut Merah Utara sering disebut-sebut sebagai Kebun Eden bawah air karena karang yang ada mempunyai kehidupan laut yang paling beragam di dunia.

Laut Merah Utara ini terletak di Laut India di antara Asia dan Afrika yang membentang sepanjang lebih dari 169.000 mil. Pada habitat karang yang ada di Laut Merah Utara, ada lebih dari 30 spesies koral lunak, 70 spesies koral keras, dan 500 spesies ikan yang meliputi jenis invertebrata.

Palau

Palau merupakan negara kepulauan yang terletak di Samudera Pasifik kurang lebih 500 mil dari Filipina. Karang Palau merupakan tempat tinggal lebih dari 200 spesies koral lunak, 300 spesies bunga karang, 350 spesies koral keras, dan 1.300 spesies ikan karang.

Danau Baikal

Danau ini merupakan danau kedua terbesar di dunia dari segi volume air dan terletak di Siberia, Rusia. Kedalaman danau ini kurang lebih 2.442 kaki dan mengandung kira-kira 20% pasokan air tawar permukaan di dunia. Danau ini termasuk danau terdalam di dunia dan danau tertua di dunia dengan umur kurang lebih dua puluh lima juta tahun.

Karang Penghalang Besar (The Great Barrier Reef)

Karang Penghalang Besar merupakan salah satu bentuk yang terlihat dari luar angkasa karena memang Karang Penghalang Besar merupakan sistem karang koral yang terbesar di dunia yang terletak di Australia.

Sistem karang sepanjang 1.600 mil ini terbentuk dari 900 pulau dan 2.900 karang individu. Karang Penghalang Besar merupakan habitat dari kehidupan laut yang beragam termasuk di dalamnya beberapa spesies yang terancam punah. Karang Penghalang Besar ini sudah menjadi salah satu tujuan wisata yang cukup dikenal di Australia dan dunia.

The Deep Sea Vents

Deep Sea Vents dikenal sebagai ventilasi hipotermal yang terbelah di lantai samudera dan mengeluarkan air yang sangat panas dari bawah lempeng bumi. Air panas ini mengandung mineral yang cukup tinggi khususnya belerang yang mengkristal dan membentuk uap pekat di sekitar ventilasi tersebut.

Penemuan Deep Sea Vents pertama kali terjadi tahun 1977 di dekat Kepulauan Galapagos. Deep Sea Vents ditemukan di Samudera Pasifik dan Atlantik dengan kedalaman rata-rata 2.100 meter.

Karang Penghalang Belize

Karang Penghalang Belize dengan panjang 186 mil merupakan sistem karang terbesar kedua di dunia yang terletak di Semenanjung Belize dan disebut-sebut sebagai salah satu titik penyelaman dan snorkelling terbaik di dunia.

Sistem karang ini merupakan bagian dari sistem karang yang lebih besar yakni Sistem Karang Penghalang Mesoamerika yang membentang dari Cancun ke Honduras. Baru 10% dari sistem karang ini yang sudah diteliti dan dipelajari.

Tujuh Keajaiban Dunia Bawah Air

Dandelion ini ditemukan dibawah laut dalam kepulauan Galapagos. Photo used under Creative Commons from NOAA Ocean Explorer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s