Tujuh Keajaiban Dunia Alami Terbaru

Dunia penuh dengan berbagai hal yang mengagumkan dan tidak bisa dipungkiri bahwa keindahan dunia perlu dijaga justru dari manusia sendiri yang rupanya memang turut ambil bagian dalam berbagai kerusakan yang terjadi di muka bumi.

Ada berbagai cara untuk menjaga segala keindahan di dunia terutama keindahan yang mungkin begitu ajaib. Keajaiban di dunia ada berbagai macam dan dengan payung Keajaiban Dunia Terbaru, ada harapan besar bahwa masyarakat dunia akan lebih mengenal dengan keindahan alam tersebut dan lebih tergerak untuk menjaganya dari kerusakan.

Di sisi lain, dengan dikenalnya suatu daerah atau lokasi sebagai bagian dari Keajaiban Dunia, tidak bisa dipungkiri bahwa ada gerakan ekonomi pariwisata baru yang lebih membuat masyarakat dunia penasaran akan keindahan daerah tersebut sehingga peluang untuk meningkatkan perekonomian terutama untuk penduduk sekitar juga akan muncul.

Tahun 2012 kemarin, Keajaiban Dunia Alami Terbaru diumumkan setelah melewati proses voting yang cukup lama. Dari hasil voting tersebut, muncullah tujuh nama yang menjadi bagian dari daftar keajaiban dunia sebagai berikut.

Hutan Hujan Amazon

Hutan hujan Amazon merupakan keajaiban dunia dengan cakupan yang luas meliputi sembilan negara di Amerika Selatan termasuk, Brazil, Bolivia, Ekuador, Kolombia, Peru, Guyana, Guyana Prancis, Venezuela, dan Suriname.

Hutan hujan ini mewakili hujan hujan yang masih tersisa di dunia. Selain itu, hutan hujan Amazon merupakan hutan hujan dengan keragaman spesies yang paling kaya di seluruh dunia. Sungai Amazon yang melintasi hujan hujan Amazon merupakan sungai terbesar dalam hal volume air di dunia.

Teluk Halong

Teluk Halong terletak di Quang Ninh, Vietnam. Teluk ini meliputi pulau-pulau dengan berbagai bentuk dan ukuran. Selain itu, ada pula karst batu gamping yang jumlahnya mencapai ribuan yang terbentuk oleh erosi.

Salah satu fitur istimewa di teluk ini adalah sebuah danau dengan pulau batu kapur dengan ukuran cukup besar di dalamnya. Banyak pulau yang berlubang dan banyak bukaan menuju gua yang cukup luas yang merupakan tempat tinggal 200 spesies ikan dan 450 spesies moluska.

Air Terjun Iguazu

Air terjun ini terletak di sungai Iguazu di antara batas Argentina dan Brazil. Sekitar 272 air terjun kecil ikut berkumpul menjadi satu dan membuat air terjun nan ciamik ini menjadi salah satu air terjun terbesar di dunia dengan puncak tertingginya yaitu 82 meter. Pertunjukan utama yang bisa kita saksikan di obyek wisata yang cetar membahana ini adalah Garganta del Diablo, yaitu saat volume air terbesar lewat dan menghasilkan auman yang luar biasa keras dan mengagumkan.

Pulau Jeju

Obyek wisata yang terkenal diantara para penikmat jalan-jalan ini sebenanya telah melalui waktu dan proses yang panjang sampai terpilih menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia.

Walaupun masuk diantara 7 keajaiban dunia versi nature, ternyata pulau ini hampir tidak dikenal kecuali oleh orang-orang yang tinggal di Korea. Ya, pulau nan cantik ini memang berada di Korea, lebih tepatnya lagi Korea sebelah Selatan. Cuacanya yang selalu hangat menjadi daya tarik tersendiri dari pulau unik ini.

Pulau Komodo

Pulau ini merupakan salah satu pulau dari tiga pulau yang merupakan bagian dari Taman Nasional Komodo di Indonesia. Selain sebagai pulau yang aslinya merupakan gunung api, pulau ini juga merupakan habitat terakhir komodo bersama Pulau Padar dan Rinca. Komodo merupakan reptil darat terbesar di dunia yang masih tersisa setelah era dinosaurus.

Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa

Sungai ini terletak di Filipina kurang lebih 50 km Selatan Puerto Princesa, Palawan, di tengah jajaran pegunungan St. Paul sehingga sering juga disebut sungai bawah tanah St.Paul. Sungai bawah tanah ini merupakan sungai bawah tanah terpanjang di Asia dengan air jernih dan gua dengan stalaktit dan stalagmit serta banyak ruang di dalamnya.

Table Mountain

Gunung ini terletak di kota Cape Town, Afrika Selatan dan merupakan satu-satunya tempat untuk melihat konstelasi bintang yang sama dengan namanya, Table Mountain.

Tujuh Keajaiban Dunia Alami Terbaru

Halong Bay, Vietnam. Photo used under Creative Commons from Greg Willis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s