Piramida Besar Giza Sebagai Salah Satu Keajaiban Dunia

Manusia mempunyai kemampuan berpikir dan mencipta; atas kemampuan yang luar biasa itulah saat ini ada berbagai hasil karya manusia yang tercatat sebagai keajaiban karya cipta manusia. Saat ini telah ada berbagai karya cipta manusia yang dibangun berabad lalu dan masih bertahan hingga saat ini.

Kemampuan manusia menciptakan desain dan memilih material dari alam yang menciptakan berbagai karya mengagumkan itu dihasilkan oleh kearifan masa lalu yang mampu bertahan hingga hari ini.

Salah satu keajaiban karya cipta manusia tersebut adalah Piramida di Giza. Piramida Besar Giza ini adalah satu dari tiga piramida yang berada di kota Nekropolis. Piramida ini adalah piramida terbesar dan tertua dibandingkan dengan dua piramida lainnya.

Piramida Besar di Giza dibangun sebagai makam Firaun yang menjadi penguasa dinasti keempat di Mesir. Piramida ini dibangun pada sekitar 2560 sebelum Masehi selama lebih dari dua puluh tahun; tepatnya pada sekitar tahun 2551 hingga 2528 sebelum Masehi.

Piramida Besar Giza ini juga seringkali disebut sebagai Piramida Khufu atau Cheops yang merupakan nama Firaun atau raja yang kedua di generasi dinasti keempat Mesir yang memulai pembangunan piramida tersebut.

Guna membangun piramida besar tersebut diperlukan kurang lebih 2.300.000 buah batu yang mempunyai berat kurang lebih 2,5 ton untuk setiap batunya. Piramida ini dibangun hingga mencapai ketinggian 147 meter dengan menggunakan kombinasi batu kapur dan juga batu granit.

Ketiga piramida tersebut merupakan bagian dari kompleks yang dibuat guna memakamkan dan juga menghormati Khufu; selain terdapat tiga piramida, di dalam komplek tersebut juga terdapat dua buah kuil.

Piramida yang lain di komplek tersebut dibuat untuk istri Khufu dan juga terdapat beberapa makam lain di komplek tersebut yang merupakan makam dari para bangsawan Mesir.

Di masa modern; penggalian dan penelitian makam di komplek Piramida Giza terus dilakukan oleh para ilmuwan. Hasilnya adalah ditemukannya makam dari ratu Hetepheres yang berhasil diidentifikasi pada tahun 1925. Selain itu juga ditemukan makam dari ibu Khufu dan istri Sneferu.

Pada salah satu piramida kecil yang terletak di sebelah barat daya dari piramida terbesar terdapat makam Khafre. Piramida ini juga disebut sebagai Piramida Khafre; dialah penerus dari Khufu yang diyakini sebagai orang yang memerintahkan pembangunan Sphinx.

Di sebelah piramida ini terdapat Piramida Menkaure yang juga merupakan salah satu dari penerus Khafre; ukuran piramida ini lebih kecil dibandingkan piramida – piramida lainnya. Para ilmuwan menyatakan komplek piramida ini selesai dibangun pada sekitar 2560 sebelum Masehi. Adapun Hemiunu adalah orang yang diyakini sebagai arsitek yang bertanggung jawab atas dibangunnya Piramida Besar di Giza.

Komplek makam raja Mesir ini menjadi salah satu daya tarik wisata sejarah yang sangat terkenal. Hingga saat ini, tempat ini terus dikunjungi oleh wisatawan dari seluruh penjuru dunia yang ingin menyaksikan salah satu karya cipta manusia dari masa lalu yang menjadi keajaiban dunia dan masih tetap lestari hingga saat ini.

Ada beberapa bagian dari komplek makam ini yang telah lapuk dimakan usia; namun keberadaan piramida besar ini dan juga Sphinx tetap menjadi salah satu ikon dari budaya dan juga negara Mesir.

Proyek pemetaan dan penelitian misteri kebudayaan Mesir kuno beserta harta karunnya juga terus dilakukan dan merupakan salah satu hal yang terus menggelitik pikiran para ilmuwan dan sejarawan dari seluruh penjuru dunia.

Piramida Besar Giza Sebagai Salah Satu Keajaiban Dunia

Piramida besar Khufu (kiri), Khafre (tengah), dan Menkaure (kanan) di kompleks Giza. Photo used under Creative Commons from Institute for the Study of the Ancient World

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s