Perbandingan Tujuh Keajaiban Dunia dan Tujuh Keajaiban Indonesia

Seperti diketahui, tujuh keajaiban dunia yang ditetapkan tahun 2007 meliputi Tembok Besar China, Kota Petra di Yordania, Pyramid Itza di Meksiko, Koloseum di Roma, Patung Kristus Penebus di Brasil, Taj Mahal di India, serta Machu Picchu di Peru.

Ketujuh keajaiban dunia tersebut sudah sangat terkenal dan diakui banyak orang karena dipilih melalui jutaan sms, internet, serta polling yang dilakukan oleh Swiss Foundation. Kita sebagai orang Indonesia tidak perlu kawatir karena saat ini salah satu situs Indonesia yaitu Pulau Komodo telah menjadi salah satu dari new 7 wonders yang baru saja ditetapkan.

Namun, saat ini kita tidak berbicara keajaiban dunia yang terbaru. Kita akan membandingkan keajaiban dunia yang ditetapkan tahun 2007 dengan tujuh warisan budaya asli Indonesia.

Perbandingan yang pertama adalah Tembok Besar China dan benteng Kraton Wolio Buton. Seperti diketahui, Tembok China merupakan benteng yang disambung-sambung menjadi satu dan panjangnya lebih dari 8851 km. Di Indonesia ada juga benteng yang mirip, yaitu benteng Kraton Wolio di kota Bau-bau.

Benteng ini mempunyai tembok yang mengelilingi perkampungan adat seluas 22 hektar dan merupakan benteng terluas di Indonesia. Letaknya yang strategis diatas bukit menambah keindahan benteng ini.

Perbandingan kedua adalah Petra dan Goa Gajah. Petra merupakan kota yang didirikan dengan memahat bebatuan di sebuah gunung dengan pintu masuk yang megah, begitu pula dengan Goa Gajah yang dibuat dengan memahat sebuah bukit dengan bebatuan keras.

Goa Gajah merupakan tempat pertapaan dan di dalam gua terdapat berbagai tempat seperti tempat permandian suci dan juga altar pertapaan. Pada mulut goa dihiasi dengan ukiran yang indah dan pintu masuk goa berupa mulut seorang raksasa yang menyeramkan. Goa gajah terletak di Gianyar Bali.

Perbandingan ketiga adalah Chichen Itza dan Candi Borobudur. Kedua situs purbakala ini layak dibandingkan karena mempunyai struktur yang hampir sama, yaitu piramida. Chichen Itza adalah peniggalan Suku Maya yang terletak di Meksiko dan dipergunakan sebagai tempat pemujaan.

Sementara candi Borobudur adalah Candi Budha terbesar di Indonesia yang berbentuk punden berundak yang hanya ada satu-satunya didunia. Candi borobudur layak disebut keajaiban dunia karena seluruh struktur dibuat dengan batu dan tanpa alat perekat dan dibangun pada jaman kuno dimana alat-alat berat belum ada. Selain itu Borobudur juga sangat indah dan penuh dengan pahatan cerita di batu penyusunnya.

Koloseum dan Stadion Gelora Bung Karno adalah perbandingan selanjutnya. Kedua tempat ini merupakan tempat untuk melakukan pertandingan olahraga dan bisa menampung 50 ribu penonton. Kedua tempat ini mempunyai struktur dan bentuk yang mirip.

Perbandingan kelima adalah Patung Kristus Penebus dan Patung Garuda Wisnu Kencana. Kedua struktur ini adalah struktur patung raksasa. Patung Kristus Penebus terletak di Gunung Corcovado Brasil sementara Garuda Wisnu Kencana ada di Bali. Rencananya patung Garuda Wisnu Kencana akan menjadi patung tertinggi didunia.

Taj Mahal India bisa dibandingkan dengan Masjid Baiturrahman di Aceh. Kedua bangunan ini sama-sama indah dan sangat sakral. Taj Mahal merupakan makam yang bergaya arsitektur Islam sementara Masjid Baiturrahman Aceh merupakan tempat ibadah yang sangat indah dengan taman berair mancur dan mempunyai nuansa Taj Mahal didalamnya. Masjid ini adalah masjid termegah di Asia tenggara.

Perbandingan terakhir adalah Machu Picchu dan Candi ratu Boko. Machu Picchu adalah reruntuhan kota Inca kuno di Peru. Didalam reruntuhan itu ada kuil matahari, altar pemujaan, dan ruangan tiga jendela.

Sementara candi Boko adalah sebuah komplek keraton ratu Boko yang sangat terkenal. Dikomplek tersebut ada bekas gapura, ruang pendopo, paseban, kolam, keputren, dan juga dua ceruk gua untuk semedi. Komplek candi Boko adalah situs pemukiman yang terbesar di tanah jawa.

Perbandingan Tujuh Keajaiban Dunia dan Tujuh Keajaiban Indonesia

Petra di jordan. Photo used under Creative Commons from Seetheholyland.net

Perbandingan Tujuh Keajaiban Dunia dan Tujuh Keajaiban Indonesia

Goa Gajah, Gianyar Bali. Photo used under Creative Commons from 湖畔老

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s