Menjelajah Waktu di Museum British, London

Museum British adalah salah satu museum besar yang terletak di kota London, Inggris. Museum ini dibangun dengan dedikasi untuk sejarah manusia dan kebudayaan. Museum British adalah salah satu museum paling terkenal di dunia.

Museum lawas ini memiliki koleksi permanen hingga lebih dari 8 juta dan menjadikannya sebagai salah satu museum dengan koleksi terbanyak di dunia. Tak heran jika museum ini juga dijuluki sebagai world famous wonder.

Museum British dapat memberikan ilustrasi dan dokumentasi mengenai perjalanan manusia dari awal eksistensi hingga sekarang. Selain itu, museum ini juga menunjukkan segi budaya pada zaman – zaman tertentu.

Didirikan tahun pada tahun 1753, Museum antik ini mengawali koleksinya dari benda-benda sejarah Sir Hans Sloane. Setelah itu, museum ini baru dapat dibuka untuk umum pada tahun 1759 di Montagu House, Bloomsbury.

Seiring berjalannya waktu, Museum British juga telah memiliki beberapa cabang. Salah satunya adalah Museum British Sejarah Alam yang yang dibuka pada tahun 1887 di South Kensington. Tahun 1997, Museum British digabung dengan Perpustakaan Nasional Inggris yang terletak di Bloomsbury Square, WC1A 2RJ, London.

Saat ini, Museum British sudah dikunjungi jutaan orang dari seluruh dunia dan menjadi salah satu tujuan wisata utama di Eropa. Salah satu bagian yang menarik dari Museum British adalah pada ruang tengah museum.

Di ruangan ini terdapat the Great Court berupa ruang exhibition luas yang berbentuk lingkaran dengan atap terbuat dari kaca sehingga bisa melihat langit secara langsung. Ruang tengah museum ini dikembangkan pada tahun 2002 yang pada awalnya merupakan ruang baca dari Perpustakaan Nasional Inggris.

Dalam Museum British, ada beberapa departemen khusus yang fokus pada peradaban tertentu dari seluruh dunia. Dalam museum yang dijuluki world famous wonder ini, ada 9 departemen, yaitu Departemen Mesir Kuno dan Sudan, Departemen Yunani dan Romawi, Departemen Timur Tengah, Departemen Seni Cetak dan Gambar, Departemen Prasejarah dan Eropa, Departemen Asia, Departemen Afrika, Oceania, dan Amerika, Departemen Koin dan Mendali, serta Departemen Ilmu Pengetahuan.

Di antara bangunan museum yang sangat besar, ada beberapa bagian gedung yang wajib untuk dikunjungi, seperti tangga utama museum, ruang baca museum Inggris, the Great Court, Kebun Afrika, ruangan Mesir Kuno, dan masih banyak lagi.

Diantara ruang-ruang tersebut, yang paling menarik untuk dikunjungi adalah ruang baca Perpustakaan Inggris. Ruangan luas ini memiliki atap berbentuk kubah raksasa dengan warna putih, kuning, dan biru.

Selain itu, koleksi buku yang mencapai jumlah ribuan yang terpajang di rak setinggi gedung tiga lantai merupakan daya tarik tersendiri di Museum British. Jika membaca di tempat ini, anda akan mendapati kesan klasik Eropa yang kental dengan arsitektur khas Eropa.

Di dalam ruang baca Museum British ini, kita akan menemukan ribuan koleksi buku yang ditulis oleh penulis-penulis terkenal di Eropa, dan bahkan dari seluruh dunia. Dulunya, ruang baca ini pernah dipakai oleh orang-orang terkenal di Inggris, seperti Karl Max, Oscar Wilde, Friedrich Hayek, Bram Stoker, dan Mahatma Gandhi.

Ruang baca di Museum British ini sudah dibuka untuk umum sejak tahun 2000 dan telah direnovasi berkali-kali sebagai bagian dari the Great Court. Dalam ruang baca ini, anda akan menemukan pusat informasi dan ribuan koleksi buku mulai dari sejarah, seni, wisata, hingga buku-buku ilmu pengetahuan lain yang memiliki subjek yang relevan dengan koleksi museum.

Pada tahun 2006, Museum British memulai renovasi pada ruang baca karena akan adanya koleksi baru dari China’s Terracotta Army. Ruang eksibisi baru ini sudah dibuka pada akhir 2012 lalu dan menjadi sorotan publik karena koleksinya yang luar biasa.

Menjelajah Waktu di Museum British, London

Mummy atau mumi dari Katebet yang merupakan salah satu dari koleksi British Museum. Berdasarkan investigasi sejarah, Mummy ini adalah perempuan tua yang ditemukan di Thebes Mesir, Photo used under Creative Commons from bram_souffreau

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s