Keajaiban Dunia Yang Terlupakan

Dunia baru saja menerima daftar terbaru 7 Keajaiban dunia dan salah satunya berasal dari Indonesia, yaitu Pulau Komodo. Namun dibalik gegap gempita penentuan 7 Keajaiban Dunia Baru tersebut, ada banyak keajaiban duna yang sudah dilupakan oleh banyak orang, padahal mereka sangat indah dan sangat layak untuk menjadi bagian dari keajaiban dunia yang diakui dunia saat ini. Berikut ini adalah sembilan keajaiban dunia yang terlupakan oleh dunia.

Keajaiban pertama yang terlupakan adalah Banaue Rice Terrace di Filipina. Keajaiban ini berupa teras yang berusia lebih dari 2000 tahun yang terukir di pegunungan Ifugao, Filipina.

Teras-teras ini dibangun oleh nenek moyang orang pribumi dengan peralatan yang sangat minim dan dengan tangan. Ketinggian teras yang terletak di 1500 m diatas permukaan laut dan luasnya yang mencapai 10.360 km persegi membuat teras ini luar biasa karena semuanya dibuat di puncak dan lereng gunung.

Keajaiban yang terlupakan nomer dua adalah Sigiraya di Srilanka. Sigiraya atau juga disebut Lion’s Rock adalah sebuah reruntuhan istana kuno yang ada di sekitar Matale, Srilanka. Reruntuhan ini dulunya pasti sangat indah karena dikelilingi oleh waduk, kebun, dan banyak bangunan lain. Sigiriya diperkirakan dibangun pada tahun 477 dan menjadi salah satu warisan Dunia Srilanka.

Tower of Hercules adalah keajaiban yang hilang berikutnya. Menara Hercules ini terletak di Spanyol dan merupakan mercusuar kuno yang dibangun pada tahun 1788. Tempat ini sangat luar biasa daya tariknya karena pemandangan yang indah serta banyaknya arsitektur yang ada di kota sekitar tower tersebut.

Keajaiban yang terlupakan nomer empat adalah Ajanta Caves di India. Keajaiban ini berupa monumen gua. Gua-gua yang ada di Maharashtra India ini merupakan tempat tinggal yang diukir ditebing batuan keras. Diperkirakan struktur ini dibangun 200 SM. Didalam gua-gua tersebut ada banyak lukisan dan patung yang merupakan cerminan agama Budha.

Masih di India, ada lagi keajaiban yang terlupakan, yaitu Valley of Flowers atau lembah bunga. Keindahan lembah ini sangat luar biasa. Lembah ini menjadi taman nasional dan terletak di ketinggian Himalaya. Di lembah ini banyak terdapat bunga Alpine dan keindahan alamnya juga luar biasa.

Keajaiban nomer enam adalah Meteora di Yunani. Keajaiban ini berupa suatu biara Ortodoks Timur yang terbesar dan didirikan di puncak pilar batu pasir alam. Biara ini terdiri dari enam bangunan biara yang menjulang tinggi di pilar di suatu lembah yang sangat indah.

Bagan di Myanmar adalah keajaiban berikutnya yang juga dilupakan orang. Struktur ini merupakan bangunan semacam tempat pemujaan yang mempunyai arsitektur sangat indah. Daerah ini dulunya sebuah kota kuno yang sangat indah dan maju.

Keajaiban nomer delapan yang dilupakan dunia adalah Leptis Magna di Libya. Struktur ini merupakan peninggalan sejarah kekaisaran Romawi di Libya. Leptis Magna terletak di pinggiran kota Tripoli.

Keajaiban dunia yang dilupakan orang yang terakhir adalah Library of Celcus atau perpustakaan Celsus. Perpustakaan ini terletak di Turki. Pada masanya, perpustakaan ini dipergunakan untuk menyimpan 1200 gulungan kuno. Bangunan ini merupakan peninggalan Kekaisaran Romawi di Turki yang dibangun pada tahun 92 AD. Perpustakaan ini selain untuk menyimpan gulungan dan makam Celcus, juga menjadi perpustakaan umum dijaman kekaisaran Romawi Kuno.

Itulah sembilan keajaiban dunia yang sudah mulai dilupakan oleh dunia saat ini. Jika keajaiban itu tidak terus diperjuangkan, maka bisa-bisa akan tertelan waktu dan tidak ada seorangpun yang mengingatnya.

Keajaiban Dunia Yang Terlupakan

Di dalam Ajanta Caves, India. Photo used under Creative Commons from Danial Chitnis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s