Keajaiban Dunia Yang Beku

Selain 7 keajaiban dunia yang menampakan keindahan dan kejayaan masa lalu, ada juga keajaiban dunia beku yang kurang mendapat porsi perhatian masyarakat. Kurangnya perhatian ini bukan karena publikasi yang minim namun terlebih pada lokasi keajaiban itu yang cenderung sulit untuk dicapai.

Keajaiban beku, sesuai namanya, hanya ada di tempat-tempat yang super dingin seperti kutub Utara dan Selatan dan beberapa tempat yang mempunyai suhu extrem. Berikut ini ada beberapa keajaiban dunia yang beku yang bisa menjadi referensi jika anda ingin berlibur menghabiskan liburan anda.

Keajaiban dunia beku yang pertama adalah Blue River di Greenland. Keajaiban ini adalah sebuah sungai yang sangat biru airnya. Warna yang indah ini bukan karena pantulan sinar matahari atau kedalaman sungai namun karena lumpur glasial dan juga karena pola pengisian danau di hulu sungai yang berubah-ubah.

Sungai ini dihasilkan dari lelehan salju dan es dari gletser Petermann. Sungai ini sangat bagus untuk olahraga kayak asal anda tahan dingin.

Air terjun Glacier di Norwegia adalah keajaiban dunia beku yang kedua. Air terjun ini terletak di Svalbard atau “pantai dingin”. Daerah adanya air terjun glacier ini berada di kepulauan Kutub Utara dan terletak 650 km dari daratan Eropa.

Air terjun ini sangat indah karena air yang dihasilkan adalah dari lelehan gletser dan air terjun itu langsung keluar dari bongkahan gletser raksasa, air terjun ini hanya bisa dilihat pada musim panas saat es mencair sedikit.

Keajaiban Dunia beku ketiga adalah Crystal Cave di Islandia. Keajaiban ini berupa gua yang terbentuk didalam sebuah gletser raksasa. Gua ini terbentuk dengan alami karena lelehan air yang terus menerus menetes dari atas gletser dan membentuk rongga.

Gua yang terbentuk didalam gletser ini mempunyai berbagai bentuk kristal es yang luar biasa indah dan sinar matahari yang masuk melalui celah membuat pemandangan menjadi sangat dramatis.

Briksdal Glacier di Norwegia adalah keajaiban dunia beku berikutnya. Gletser ini adalah salah satu lidah gletser yang paling indah dari semua gletser didunia. Jutaan orang datang ke Norwegia untuk menikmati indahnya Briksdal Glacier ini yang terletak di tengah air terjun dan puncak yang tinggi. Keajaiban ini sudah berusia ribuan tahun.

Nomer lima di daftar keajaiban dunia beku adalah Birthday Canyon di Greenland. Keajaiban ini berupa cerukan es yang berisi air yang dalamnya mencapai 45 meter. Air di dalam lembah ini berasal dari lelehan es selama ribuan tahun dan pada dasarnya terdapat warna hitam yang ternyata merupakan debu cryconite yang mengendap selama ribuan tahun di dalam lembah.

Keajaiban dunia yang beku berikutnya adalah Frozen Wave di Antartika. Keajaiban ini berupa gelombang yang membeku. Gelombang rasaksa yang membeku ini menjadi perhatian dunia karena sangat indah dan unik. Menurut penelitian para ahli, gelombang raksasa beku ini bukan terjadi secara instant namun terbentuk perlahan-lahan selama ribuan tahun yang dilakukan oleh lelehan es yang membeku kembali.

Striped Icebergs adalah keajaiban dunia beku nomer tujuh. Gunung es ini tidak melulu putih warnanya namun ada garis garis yang berwarna lain seperti hijau dan biru. Fenomena ini terbentuk karena organik dan mineral yang ikut membeku ketika air membeku menjadi es dan diperkuat oleh tiupan angin serta gelombang, sehingga terciptalah gunung es yang sangat indah.

Dan keajaiban terakhir yaitu Ice Tower di Antartika. Ini adalah perpaduan tower dari sebuah gunung api aktif dan es yang membeku. Hanya disinilah panas dan dingin bersatu menciptakan sesuatu yang luar biasa.

Keajaiban Dunia Yang Beku

Briksdal di Norway. Photo used under Creative Commons from mcxurxo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s