Pulau Komodo sebagai Keajaiban Dunia

Tentunya kita sudah sangat akrab dengan sebutan tujuh keajaiban dunia. Seiring berkembangnya dunia, daftar tersebut juga berkembang dengan berbagai macam kategori yang salah satunya adalah tujuh keajaiban dunia alam atau “New7Wonders of Nature”.

Daftar ini merupakan daftar tujuh alam di dunia yang paling menakjubkan. Jika candi Borobudur tidak berhasil masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia, rakyat Indonesia dapat berbangga hati bahwa Pulau Komodo telah berhasil masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia alam.

Pulau Komodo memang layak untuk disebut sebagai keajaiban dunia karena pulau ini memiliki keindahan alam yang luar biasa yang tidak bisa dijumpai di tempat lainnya. Tentunya keajaiban yang terbesar dari pulau ini adalah hewan komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia dan di alam liar hanya dapat dijumpai di Pulau Komodo dan beberapa pulau kecil disekitarnya.

Komodo ini begitu besar hingga bisa mencapai panjang 3 meter dan berat badan 150 kilo gram. Banyak orang yang mempercayai bahwa hewan komodo ini merupakan hewan pra-sejarah yang masih hidup.

Selain itu, keajaiban dari Pulau Komodo adalah terdapatnya pantai dengan pasir berwarna merah muda. Di dunia, hanya ada tujuh tempat yang memiliki pasir merah muda seperti ini. Pasir pantai ini menjadi berwarna merah muda karena perpaduan antara pasir putih dan pasir merah.

Selain itu, keindahan alam di lingkungan Taman Nasional Pulau Komodo dapat terjaga dengan baik yang membuat semua orang yang datang bahkan yang hanya melihat fotonya akan berdecak kagum.

Dengan terpilihnya Pulau Komodo sebagai tujuh keajaiban dunia baru kategori alam membuat Indonesia menjadi lebih dikenal di dunia Internasional.

Pulau Komodo saat ini menjadi salah satu daya tarik wisata yang dimiliki Indonesia sehingga negara ini tidak hanya terkenal dengan Pulau Bali, tetapi juga terkenal dengan Pulau Komodo. Diharapkan bahwa kemajuan di bidang pariwisata akan dapat membantu tumbuhnya perekonomian bangsa secara keseluruhan.

Masuknya Pulau Komodo sebagai tujuh keajaiban dunia alam merupakan kerja keras seluruh bangsa Indonesia. Pengelola Taman Nasional Pulau Komodo telah berhasil menjaga keindahan pulau Komodo dan tentunya mempertahankan kehidupan komodo di alam liar.

Pemerintah tentunya juga memilki andil dalam menjaga pulau ini dan memperjuangkan masuknya Pulau Komodo kedalam nominasi pemilihan tujuh keajaiban dunia alam. Lalu, masyarakat Indonesia juga turut membantu terpilihnya Pulau Komodo dengan memberikan dukungan melalui voting baik SMS maupun online.

Pemenang tujuh keajaiban dunia ini memang ditentukan oleh suara terbanyak, namun sebelumnya organisasi penyelenggara kampanye tujuh keajaiban dunia baru alam ini, dengan proses yang panjang telah menentukan nominasi yang patut disebut sebagai keajaiban dunia.

Namun, kerja keras bangsa ini tidak selesai begitu saja dengan terpilihnya Pulau Komodo sebagai keajaiban dunia. Masih banyak tugas yang harus dikerjakan yaitu bagaimana kita menjaga keindahan alam di Pulau Komodo karena jika keindahan itu rusak, terlebih lagi kenyataan bahwa komodo merupakan hewan yang terancam punah, maka bukan tidak mungkin ada tempat lain yang akan mengambil alih posisi Pulau Komodo dari jajaran tujuh keajaiban dunia.

Hal ini tentu bukanlah hal yang mudah karena seiring bertambahnya wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo, maka resiko rusaknya alam akan semakin bertambah. Para wisatawan tentunya akan mengakibatkan semakin banyaknya sampah dan polusi yang dapat merusak alam Pulau Komodo.

Oleh karena itu, walaupun Pulau Komodo telah cukup lama berada dalam daftar tujuh keajaiban dunia, diperlukan manajemen pengelolaan yang baik dan tentunya pengawasan yang ketat agar tidak terjadi penyimpangan.

Pulau Komodo sebagai Keajaiban Dunia

Ikan-ikan bawah laut pulau Komodo. Photo used under Creative Commons from Ilse Reijs and Jan-Noud Hutten

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s