Menjelajah Keagungan Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung api aktif di Indonesia yang bertipe Stratovolcano. Dengan ketinggian 3.805 m, gunung api yang terakhir kali meletus tahun 2009 ini adalah gunung api aktif tertinggi di Indonesia. Terletak di deretan pegunungan Bukit Barisan di pantai Barat pulau Sumatra dan sekitar 130 Km sebelah Selatan dari Kota Padang.

Bila dilihat dari kondisi alamnya, gunung keren ini dikelilingi oleh hutan hujan tropis yang lebat dan merupakan habitat asli Harimau Sumatra dan Badak Sumatra. Kini, wilayah ciamik ini sudah disahkan menjadi Taman Nasional Gunung Kerinci dan juga dikenal sebagai world famous wonder.

Saat ini, beberapa pendaki yang menyukai tantangan sudah banyak yang mencoba menjelajah keagungan gunung yang memiliki medan pendakian medium ini. Jika sudah sampai puncak, pendaki akan mampu melihat pemandangan dari kota-kota besar di Sumatra, seperti Jambi, Padang, dan Bengkulu. Bahkan, jika cuaca sedang cerah, pendaki bisa melihat Samudra Hindia yang membentang dengan sangat jelas.

Di puncak gunung Kerinci, terdapat satu kawah yang berukuran 400 x 120 meter dengan diisi air yang berwarna hijau. Sementara itu, di sebelah Timur gunung terdapat danau yang memiliki air yang sangat jernih yang disebut Danau Bento. Danau ini merupakan danau berair jernih tertinggi di Sumatra dan menjadi salah satu danau berair jernih tertinggi di dunia.

Tak jauh dari puncak gunung kerinci, terdapat Gunung Tujuh. Gunung asik ini merupakan rentetan pegunungan dari Bukit Barisan yang memiliki kawah yang indah. Sayangnya, kawah ini hampir tak tersentuh karena sulitnya akses ke kawah ini. karenanya, wilayah keren ini memiliki potensi untuk dijadikan sebagai world famous wonder.

Untuk mencapai gunung fenomenal ini, para pendaki dapat menempuhnya dengan melalui jalan darat dari kota Jambi. Setelah itu, perjalanan dilanjutkan menuju ke Sungai penuh lewat daerah Bangko. Selain itu, untuk mencapai Gunung Kerinci, anda juga bisa lewat kota Padang. Anda juga bisa mencapai gunung ini melalui kota Lubuk Lingau atau Bengkulu.

Jika berangkat dari luar Sumatra, anda bisa naik pesawat terbang dan mendarat di kota Padang atau Jambi. Untuk dapat mendaki ke Gunung Kerinci, anda akan membutuhkan waktu dua hari dengan start dari Pos Kersik tuo.

Pos Kersik Tuo merupakan pos pertama yang akan kita lalui sebelum memulai mendaki. Pos ini merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Kayu Aro. Dengan ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut, desa terpencil ini akan membawa anda lebih dekat dengan Gunung Kerinci.

Mayoritas penduduk Desa Kersik Tuo adalah pekerja perkebunan yang merupakan keturunan Jawa. Karenanya, tak heran jika bahasa yang digunakan di desa ini adalah bahasa Jawa.

Setelah melewati pos pertama di Desa Kersik Tuo, anda bisa melanjutkan perjalanan ke pos penjagaan TNKS atau R10. Pos ini terletak di keetinggian 1611 mdpi. Selama menempuh perjalanan menuju pos kedua ini, anda akan disuguhi pemandangan berupa perkebunan teh yang membentang.

Dari pos kedua, anda bisa lanjut ke pos Pintu Rimba. Ini merupakan gerbang anda untuk memulai pendakian yang sesungguhnya, dengan hutan heterogen yang sangat lebat, anda akan disuguhi pengalaman tak terlupakan menjelajah hutan belantara Sumatra.

Setelah itu, anda akan menemui pos-pos lain, seperti pos Bangku Panjang, Pos Batu Lumut, hingga pos terakhir yaitu pos 4. Setelah itu, jalur pendakian berupa tanjakan berpasir sejauh 3 Km menuju puncak.

Gunung Kerinci memiliki keindahan panorama alam yang sangat indah dengan kekayaan flora dan fauna yang masih asli. Selain untuk kepentingan mendaki, Gunung Kerinci banyak dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian dan pendidikan.

Menjelajah Keagungan Gunung Kerinci

Di kaki gunung Kerinci yang tersohor, Photo used under Creative Commons from Buitenzorger

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s