Kelestarian Lingkungan Hidup

Perusahaan dan Lingkungan Hidup

Saat ini semakin banyak perusahaan yang memahami betapa pentingnya untuk dapat turut serta dalam pelestarian lingkungan hidup. Terkadang memang dalam aktivitas sehari-harinya, berbagai perusahaan tersebut sering melakukan berbagai hal yang menyebabkan kerusakan pada lingkungan, baik disadari ataupun tidak disadari.

Misalnya, hotel sering menggunakan air bawah tanah untuk memenuhi kebutuhan airnya. Ini dikarenakan air bawah tanah tidak pernah terputus dan memiliki tekanan yang tinggi sehingga akan memudahkan pemenuhan kebutuhan akan air.

Namun demikian, di sisi lain, tanpa disadari berkurangnya air tanah amatlah buruk untuk lingkungan hidup. Ambrolnya tanah merupakan salah satu akibat dari berkurangnya air dalam tanah kita.

Pada tahun 2011, di Bandung terjadi ambrol tanah sampai dengan setengah meter. Setelah dilakukan penelitian, ini terjadi akibat pengambilan air tanah yang berlebih padahal air tanah tersebut berfungsi sebagai pori-pori tanah.

Belum lama ini, tepatnya pada tanggal 29 Januari 2013, di Guangzhou yang terletak di Negara Cina telah terjadi ambrol tanah yang amat besar. Lubang tanah ini begitu besarnya sehingga menelan dua buah gedung. Diperkirakan, lubang ini seluas 3230 meter persegi.

Selain itu, limbah dan sampai dari berbagai jenis usaha kerap kali tidak diolah secara baik. Ini mengakibatkan pencemaran lingkungan bagi daerah sekitarnya.

Seperti contohnya pencemaran udara dan air di berbagai tempat tinggal yang terletak dekat dengan berbagai pabrik ataupun industri rumah.

Ini terjadi pada industri rumahan yang bergerak di pembuatan roti yang terletak di daerah perumahan di Jakarta Selatan.

Mereka hanya memproduksi dan tidak memahami bahwa kotoran sisa pembuatan yang juga mengandung berbagai bahan kimiawi tidak bisa dibiarkan tanpa diproses.

Selama bertahun-tahun mereka membuarkan kotoran ini terbuang ke saluran got begitu saja sampai suatu hari warga di sekitar rumah mereka akhirnya mengajukan keberatan karena air got akhirnya berbau parah dan tersumbat karena aksi mereka selama bertahun-tahun.

Kesadaran Perusahaan atas Lingkungan Hidup

Entah karena semakin ketatnya peraturan pemerintah ataupun karena semakin meningkatnya kesadaran berbagai petinggi perusahaan akan pentingnya lingkungan hidup, namun berbagai usaha mulai dijalankan berbagai untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup.

Jika kita membaca koran, maka kita akan sering menemukan adanya perusahaan yang melakukan penghijauan suatu daerah, terutama daerah yang amat membutuhkan.

Semarang misalnya, merupakan salah satu daerah yang amat membutuhkan adanya penghijauan di daerah tepi pantainya karena terjadi abrasi yang semakin parah di tempat tersebut.

Mengetahui akan hal itu, banyak perusahaan baik dari dalam maupun luar negeri turun langsung ke tempat tersebut dan melakukan berbagai usaha penghijauan. Akar tanaman yang kuat diharapkan akan membuat tanah menjadi kokoh sehingga tidak terbawa gelombang air dan terjadi abrasi.

Selain itu, berbagai hotel juga tidak mau kalah dan mulai melancarkan aksi-aksi ‘hijau’ nya, Berbagai jaringan internasional seperti jaringan hotel Accor dengan merek andalannya, Novotel, telah menyatakan komitmennya terhadap lingkungan hidup.

Komitmen ini ditunjukkan dengan meminta ratusan hotel Novotel-nya yang terletak di seluruh dunia untuk berkomitmen dan mendapatkan sertifikasi lingkungan hidup. Awalnya jaringan tersebut bekerja sama dengan pihak ketiga yang merupakan penyedia sertifikasi lingkungan hidup yang dikenal memiliki standarisasi yang cukup tinggi, yaitu Earthcheck.

Dengan komitmen ini, seluruh Novotel akhirnya menilik kembali pengaruh aktivitas mereka terhadap lingkungan hidup dan memberikan analisa bagaimana mereka dapat memperbaiki cara kerja mereka sehingga dapat semakin ramah terhadap lingkungan.

Kelestarian Lingkungan Hidup

Pencemaran udara oleh perusahaan. Photo used under Creative Commons from L.E Daniel Larsson

One thought on “Kelestarian Lingkungan Hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s