Cegah Banjir Dengan Tips Yang Benar

Kehidupan yang nyaman akan bisa terbangun jika kita tinggal di daerah yang aman. Lingkungan yang bersih dan sehat akan bisa dengan mudah menjadikan hidup anda lebih nyaman. Untuk mendapatkan lingkungan yang sehat, masyarakat harus melakukan pelestarian dan pembersihan di lingkungannya.

Jika lingkungan tidak terawat, bencana akan semakin mudah terjadi. Banjir menjadi salah satu jenis bencana yang mungkin terjadi. Berbagai macam bencana telah sering terjadi di wilayah – wilayah yang ada di Indonesia.

Indonesia yang merupakan Negara kepulauan dengan banyak daerah yang berpotensi banjir. Banjir yang terjadi hampir setiap tahun ini memang selalu membuat masyarakat tidak nyaman.

Daerah ibukota Jakarta menjadi salah satu wilayah yang paling sering terserang bencana banjir yang tidak menyenangkan ini. Banjir yang terjadi di Jakarta pada awal tahun 2013 ini menjadi salah satu contoh banjir besar yang merugikan masyarakat.

Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia ini sempat lumpuh dan tidak bisa beraktifitas karena terkepung banjir yang cukup tinggi. Banyak warga yang mengungsi dan meninggalkan rumah mereka karena genangan air banjir yang tingginya lebih dari 1 meter. Banyak orang yang harus mengungsi saat banjir besar ini terjadi.

Penyebab banjir yang merugikan

Banjir yang terjadi memang dapat disebabkan oleh berbagai sebab. Penggundulan hutan menjadi salah satu penyebab dari banjir yang melanda. Hutan yang banyak dieksploitasi mengakibatkan pendangkalan sungai.

Saat pohon – pohon yang ditebang dengan tidak benar akan menyebabkan tanah longsor dan jatuh ke dalam sungai. Tanah yang longsor membuat permukaan sungai meninggi dan pendangkalan terjadi. Pendangkalan tidak hanya terjadi akibat tanah longsor, di kawasan kota besar seperti Jakarta, sampah menjadi pengganti tanah yang membuat sungai menjadi dangkal.

Sampah – sampah rumah tangga yang dibuang sembarangan ke sungai menjadikan permukaan sungai yang mengalir di dalam kota menjadi dangkal. Pendangkalan ini akan menyebabkan banjir saat hujan yang turun terus menerus menambah volume air sungai. Air yang meluap dari sungai yang digenangi sampah akan membuat kesehatan masyarakat menjadi tidak terjaga.

Selain pendangkalan akibat sampah, Jakarta juga menjadi langganan banjir karena sistem drainase dalam kota yang tidak baik. Gorong – gorong yang tertutup sampah dan tidak bisa mengalirkan air dengan lancar menjadikan banjir semakin parah dan tidak terkendali. Adanya pembangunan yang berlebihan dan tidak menggunakan sistem penataan yang benar menjadi penyebab banjir yang lain.

Langkah tepat mencegah banjir

Setelah mengetahui berbagai macam alasan dan penyebab dari banjir besar, pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk mengurangi banjir yang terjadi. Bencana alam seperti tanah longsor dan banjir memang sangat merugikan dan membahayakan masyarakat.

Satu hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi dan bahkan menghentikan bencana semacam ini terulang adalah dengan melestarikan hutan yang penting. Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, penebangan memang dapat dilakukan dengan tata cara yang telah dianjurkan oleh pemerintah yang tidak akan mengganggu ekosistem hutan.

Sampah – sampah yang menjadi penyebab lain juga harus dibuang pada tempatnya. Pemahaman tentang membuang sampah pada tempatnya harus ditanamkan kepada para masyarakat.

Gorong – gorong yang lebih besar bisa menjadi cara untuk mengurangi banjir. Pemerintah harus berusaha untuk membuat sistem drainase dan tata kota yang lebih baik.

Lahan – lahan hijau yang ada di dalam kota juga harus diperluas sehingga air dapat terserap dengan baik secara alami. Dengan melakukan cara – cara diatas, banjir yang menjadi bencana rutin dapat dikurangi dengan lebih efektif.

Cegah Banjir Dengan Tips Yang Benar

Banjir di Gorontalo. Photo used under Creative Commons from Danumurthi Mahendra

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s