Pulau Komodo

Bali mungkin menjadi salah satu tujuan wisata paling populer didunia. Tapi, yang mengherankan dari tempat ini adalah banyak orang dari negara lain tidak tahu negara dimana Bali terletak. Ya, orang lebih mengenal Bali daripada Indonesia itu sendiri.

Akan tetapi, saat ini mungkin Indonesia lebih dikenal sebagai negara dimana Pulau Komodo menjadi bagiannya. Setelah diakui sebagai salah satu warisan dunia, Pulau Komodo menjadi terkenal dan nama Indonesia terangkat pula.

Pulau Komodo terletak di Nusa Tenggara Timur. Pulau ini diberi nama Pulau Komodo karena disini merupakan satu-satunya habitat alami kadal terbesar didunia yaitu Komodo. Di Pulau Komodo, Komodo bisa dikatakan sebagai predator dan pemuncak rantai makanan.

Tidak ada hewan lain yang mampu menyaingi Komodo, bahkah hewan sebesar kerbau pun menjadi santapan dari kadal terbesar didunia ini. Oleh karena itu, binatang ini dapat berkembang biak dan hidup dengan baik dipulau ini.

Tapi, dipulau ini ada juga orang yang tinggal dibeberapa desa. Mereka biasanya bekerja sebagai nelayan dan peternak. Selain itu, ada juga banyak penginapan untuk para wisatawan yang ingin menikmati pulau ini.

Seperti keadaan geografis di Nusa Tenggara Timur, di Pulau Komodo juga terdapat banyak padang savannah dimana para Komodo biasanya berburu. Tetapi, kita juga bisa menemukan hewan Komodo berkeliaran dipantai sekitar Pulau Komodo.

Pulau ini juga menjadi tempat penelitian para peneliti diseluruh dunia. Bahkan, Pulau Komodo sering menjadi tempat pembuatan film dokumenter alam oleh pembuat film dari luar negeri. Salah satu hal yang paling menarik dari Pulau Komodo ini adalah wisatawan bisa berinteraksi langsung dengan Komodo.

Bahkan, banyak penginapan tidak membatasi antara penginapan mereka dengan alam bebas, sehingga Komodo dengan bebas bisa berkeliaran disekitar penginapan. Jadi, bila anda mengunjungi Pulau Komodo dan bermalam disini, jangan kaget bila anda membuka pintu dipagi hari, ada Komodo didepan penginapan anda.

Meskipun pengunjung disini dapat berinteraksi dengan Komodo secara lebih bebas, bukan berarti bila hewan-hewan ini sudah jinak. Mereka tetap hewan liar dan penguasa pulau ini. Jadi, anda tetap membutuhkan seorang pemandu, bila anda ingin berinteraksi dengan Komodo.

Selain dikenal sebagai kadal terbesar didunia, Komodo juga terkenal karena air liurnya yang berbisa (penelitian terbaru menunjukkan bahwa Komodo mempunyai bisa, jadi bukan hanya air liurnya yang banyak mengandung bakteri). Dengan bisa ini, Komodo dapat membunuh seekor kerbau dengan sekali gigit. Oleh karena itu, sangat disarankan anda membawa antibiotik bila anda berencana untuk berpetualang di Pulau Komodo.

Pulau Komodo tidak hanya terkenal sebagai tempat dimana anda bisa melihat dan berinteraksi secara langsung dengan hewan Komodo. Tetapi, dipulau ini juga banyak tempat yang bisa dibilang sangat indah. Anda bisa menyewa perahu dan melakukan scuba diving di sekitar Pulau Komodo.

Pemandangan bawah laut Pulau Komodo bisa dikatakan sebagai salah satu yang terindah di Indonesia. Atau anda juga bisa mencari kayu sepang, yaitu kayu obat yang juga bisa digunakan untuk pewarna pakaian. Bila ingin camilan, anda bisa mencoba mencicipi biji pohon nitak. Rasanya seperti kacang polong.

Dan yang paling menarik selain Komodo adalah keindahan alam khas Nusa Tenggara Timur yang bisa kita nikmati di pulau ini. Dengan banyaknya hal menarik yang bisa kita temukan di Pulau Komodo, maka tidak heran bila pulau ini menjadi tujuan wisata yang menarik dan juga salah satu warisan dunia UNESCO.

Pulau Komodo

Komodo Dragon di Flores, Photo used under Creative Commons from Adhi Rachdian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s