Piramid, Keajaiban Dunia Terhebat dari Mesir Kuno

Piramid Mesir masih tetap menjadi keajaiban dunia terhebat yang masih tetap membuat takjub sebagian besar orang di masa kini sebagaimana orang-orang dulu juga mengaguminya. Ada banyak Piramid yang orang bisa temukan di Mesir. Piramid yang terbesar adalah yang berada di Giza.

Untuk waktu yang sangat lama Piramid telah menjadi bangunan terbesar yang pernah dibuat manusia. Bahkan selama beberapa abad bangunan tersebut telah menjadi bangunan tertinggi di dunia sampai era modern pun datang dengan berbagai gedung-gedung yang tinggi menjulang.

Tinggi Piramid di Giza baru bisa disaingi setelah Cathedral Lincoln selesai dibangun pada tahun 1311 M. Bangunan dasar Piramid dibuat dari material batu dan kubus bata berukuran besar. Karena berukuran besar material tersebut tentunya juga sangat berat.

Dengan material dasar yang sangat berat tersebut banyak peneliti yang masih mencari tahu bagaimana masyarakat Mesir kuno bisa menata dan membangun bangunan sebesar Piramid, sedangkan di zaman sekarang dengan teknologi yang jauh lebih maju masih sangat sulit mempraktekan pembangunan Piramid raksasa dengan dasar material tersebut.

Bentuk dasar struktur Piramid masih bertahan sebagaimana aslinya sampai saat ini, namun lapisan luar yang asli dari bangunan tersebut telah terkelupas dan rusak karena tidak dirawat dengan baik pada waktu yang sangat lama. Apalagi, elemen natural seperti angin dan pasar juga ikut menambah kerusakan lapisan luar tersebut.

Saat ini orang hanya bisa melihat Piramid seperti reruntuhan, meskipun struktur dasarnya masih terjaga. Aslinya, Piramid dilapisi oleh batu gamping atau batu kapur pada bagian luarnya. Lapisan batu kapur bisa menonjolkan kesan bersinar karena material tersebut bisa merefleksikan sinar matahari.

Andaikan saja orang zaman sekarang bisa pergi ke masa lalu ketika keajaiaban dunia yang terkena tersebut baru saja dibangun, Piramid tersebut akan terlihat cerah di siang hari ketika dilihat dari kejauhan. Karena lapisan batu gamping telah mengelupas yang tersisa sekarang hanyalah blok-blok bata raksasa bangunan tersebut.

Piramid telah berdiri selama ribuan tahun. Ini adalah hal hebat lain yang ditunjukan oleh bangunan raksasa tersebut karena dalam waktu yang sedemikian lama tetap bisa menjaga struktur aslinya sampai hari ini. Ini adalah hal hebat yang bisa menjadi alasan Piramid sebagai keajaiban dunia yang terkenal atau world famous wonder karena banyak struktur kuno lain baik monumen, bangunan ibadah atau lainnya yang dibangun di masa lalu saat ini hanya tinggal puing atau sisa-sisanya saja, sedang struktur aslinya sudah hilang tak berbekas.

Permukaan aslinya mungkin sudah mengelupas tetapi struktur dasar Piramid masih terjaga sampai sekarang. Menurut sejarahnya berbagai Piramid Mesir yang ada sekarang sudah berdiri sejak 5000 tahun lalu. Pendirian Piramid sebagai mastaba atau makam bagi raja di mulai di masa Firaun Djoser dari dynasty ketiga Mesir kuno pada sekitar 2700 SM.

Arsitek bagi Piramid pertama tersebut adalah seorang menteri yang bernama Imhotep. Setelah itu berbagai piramidpun di buat oleh Firaun lainnya sampai sekitar tahun 1700 SM. Yang terbesar dari semuanya adalah Piramid di Giza yang dibangun sekitar 2575 sampai 2150 SM.

Secara keseluruhan struktur Piramid mengarah ke atas atau ke langit. Struktur ini menggambarkan penghambaan terhadap dewa matahari Mesir kuno yang bernama Ra. Menurut mitos, pembangunan Piramid dilakukan oleh Ra sendiri. Dewa tersebut juga dianggap sebagai bapak para Firaun, sehingga Piramid juga bisa menggambarkan kekuasaan mutlak para Firaun tersebut sebagai anak Tuhan.

Piramid, Keajaiban Dunia Terhebat dari Mesir Kuno

Piramida Khufu di belakang patung Sphinx, Photo used under Creative Commons from David Holt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s