Tanggulangi Banjir Dengan Cara Yang Tepat

Air memang menjadi salah satu kebutuhan pokok yang akan membantu manusia tetap hidup dan mampu beraktifitas. Hal ini dapat berubah jika air yang ada berbentuk banjir. Banjir memang seringkali terjadi di beberapa daerah. Bencana alam ini akan menganggu ketenangan hidup masyarakat.

Tinggal di lingkungan yang bersih dan teratur akan menjadikan hidup anda lebih nyaman. Kebersihan lingkungan memang sangat penting untuk bisa mendapatkan lingkungan yang sehat. Lingkungan yang sehat dan nyaman akan terbangun jika kita menjaga kelestarian lingkungan.

Alam yang rusak akan memberikan dampak yang kurang baik untuk lingkungan tempat tinggal. Karena alam sangat penting untuk dilestarikan, maka semua masyarakat harus saling bahu membahu membersihkan dan menjaga kelestarian alam dan lingkungan sekitar mereka.

Banjir yang terjadi di Jakarta pada awal tahun 2013 ini menjadi salah satu contoh banjir besar yang merugikan masyarakat. Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia ini sempat lumpuh dan tidak bisa beraktifitas karena terkepung banjir yang cukup tinggi. Banyak warga yang mengungsi dan meninggalkan rumah mereka karena genangan air banjir yang tingginya lebih dari 1 meter. Banjir besar memang sangat merugikan untuk semua orang.

Kenali penyebab banjir

Banjir memang bukan hal yang baru di Indonesia. Daerah ibukota, Jakarta adalah daerah yang sudah menjadi langganan banjir saat musim penghujan datang. Daerah – daerah pinggir sungai yang diubah menjadi pemukiman menjadikan kawasan sungai di Jakarta terkesan kumuh dan tidak sehat.

Sampah yang dibuang tidak pada tempatnya juga turut andil menjadikan ibukota dihantui banjir setiap tahunnya. Sungai yang seharusnya dijaga kebersihannya menjadi tempat sampah alternatif banyak warga. Sudah tidak terhitung berapa banyak sampah rumah tangga yang dibuang dan membuat sungai – sungai yang ada di Jakarta menjadi dangkal dan mudah meluap saat hujan tiba.

Buruknya sistem drainase di daerah Jakarta adalah penyebab lain yang menjadikan banjir besar di awal tahun ini terjadi. Gorong – gorong yang sudah tersumbat dan tidak dapat mengalirkan air dengan lancar menyebabkan genangan air sukar surut.

Selain itu, permukaan tanah Jakarta yang menurun menjadikan permukaan air laut menjadi semakin dekat dengan daratan. Banyaknya bangunan – bangunan tinggi yang berada di ibukota menjadi penyebab permukaan tanah menurun. Tidak hanya karena kondisi ibukota yang tidak baik, banjir juga bisa terjadi akibat kiriman dari daerah lain di sekitar Jakarta. Daerah Bogor biasanya menjadi sumber dari banjir kiriman yang melanda ibukota.

Langkah pencegahan banjir

Memang untuk menanggulangi masalah banjir yang selalu terjadi tidak mudah. Walaupun begitu, dengan perubahan kebiasaan sedikit demi sedikit, maka Jakarta yang bebas bencana banjir mungkin bisa dicapai.

Membuang sampah pada tempatnya bisa menjadi satu langkah mudah untuk mencegah bencana banjir yang lebih besar. Langkah kecil ini dapat dilakukan dengan membuang sampah rumah tangga sehari – hari di tempat yang sudah disediakan. Jika setiap orang membuang sampah pada tempatnya, jumlah sampah yang dibuang di sungai atau tempat lainnya akan jauh berkurang.

Pembersihan dan pelebaran gorong – gorong yang ada di berbagai titik akan bisa menjadi solusi lain yang akan mengurangi bencana banjir. Pengecekan dan pelebaran gorong – gorong dan sistem drainase lain di Jakarta akan sedikit mengurangi genangan air banjir yang terjadi.

Pengaturan tata kota yang lebih rapi akan menyempurnakan langkah pencegahan banjir. Pemukiman – pemukiman yang ada di pinggiran sungai akan lebih baik jika direlokasi ke lokasi lain yang lebih baik.

Tanggulangi Banjir Dengan Cara Yang Tepat

Petugas sampah kali Ciliwung. Photo used under Creative Commons from Habibah Agianda

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s