Bijak dalam Menggunakan BBM demi Lestarikan Lingkungan

BBM (sebagai sumber energi) dan kelestarian lingkungan

Menjaga lingkungan agar tetap lestari dan mencegah agar tidak terjadi kerusakan lingkungan tidak hanya semata-mata menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan saja seperti membuang sampah pada tempatnya, penggalakan sistem reboisasi, dan lain sebagainya, melainkan juga dapat dilakukan dengan cara penghematan penggunaan energi khususnya bahan bakar minyak yang hingga kini masih saja laris manis dimanfaatkan oleh beberapa kalangan untuk kepentingan industri dan pribadi.

Di sisi lain, maraknya penggunaan bahan bakar minyak, baru-baru ini santer terdengar kabar bahwa stock bahan bakar mentah di bumi sudah mulai menipis sehingga perlu adanya pembatasan eksploitasi minyak mentah sebagai salah satu upaya untuk menghemat energy.

Selain itu, sebagai konsumen bahan bakar minyak yang merupakan hasil dari olahan minyak mentah yang tak lain adalah produk energi bumi, kita harus bijak dalam menggunakan bahan bakar minyak, misalnya dengan cara berhemat dalam penggunaan bahan bakar minyak. Berikut adalah tips agar kita bisa berhemat menggunakan bahan bakar minyak.

Tips bijak penggunaan BBM

Tips yang pertama adalah dengan dikeluarkannya peraturan pembatasan penggunaan Bahan Bakar Minyak dengan cara menggunakan kartu penggunaan bahan bakar minyak agar penggunaan bahan bakar minyak oleh konsumen dapat dikontrol dan dibatasi.

Kemudian tips yang kedua adalah dengan menetapkan peraturan bahwa mobil yang diproduksi tahun 2009 wajib menggunakan bahan bakar premium karena mesin mobil keluaran tahun 2009 termasuk mesin mobil yang mewah sehingga lebih cocok dengan bahan bakar premium. Terlebih lagi untuk mobil-mobil keluaran terbaru yang bermesin mewah memang seharusnya menggunakan premium daripada bahan bakar minyak.

Tips yang ketiga adalah dengan cara menaikan harga BBM. Meskipun cara ini cukup extreme dan sedikit kurang diterima oleh masyarakat pada umumnya, namun terlihat ada beberapa efek positif seperti: berkurangnya kendaraan bermotor baik motor dan mobil berkurang karena harga BBM yang cukup mahal.

Para pemilik mobil pribadi dan motor akan lebih memilih menggunakan kendaraan umum. Atau kemungkinan besar kendaraan pribadi seperti mobil setidaknya tidak akan ditumpangi oleh seorang saja karena dengan mahalnya harga BBM, seseorang akan mencari solusi terbaik seperti menumpang pada teman atau naik kendaraan umum.

Efek positif lainnya akibat naiknya harga BBM adalah kemacetan di jalan-jalan raya akan berkurang. Hal ini disebabkan karena berkurangnya jumlah kendaraan mobil dan motor yang berada di jalan-jalan besar karena sebagian besar pemilik kendaraan beralih menjadi penumpang kendaraan umum atau kendaraan teman atau kerabatnya.

Efek positive berikutnya yang sangat signifikan adalah berkurangnya tingkat kecelakaan di jalan-jalan besar. Hal ini juga ada kaitannya dengan fenomena balapan liar yang umumnya dilakukan oleh para remaja di kota-kota besar seperti Jakarta. Karena harga BBM naik, kemungkina besar mereka enggan melakukan balapan karena hanya akan membuang biaya untuk kegiatan yang kurang bermanfaat.

Dan naiknya harga BBM juga berdampak positif pada tingkat polusi yang berkurang. Sudah pasti tingkat polusi di kota-kota besar yang penuh dengan kendaraan akan berkurang secara signifikan karena berkurangnya jumlah kendaraan baik motor dan mobil yang lalu lalang di jalan-jalan. Dengan cara demikian, secara tidak langsung kita sudah menjaga lingkungan sehingga polusi penyebab pencemaran udara akan secara otomatis berkurang.

Efek positif dari adanya kenaikan BBM yang terakhir adalah keuangan negara akan terbantu. Harga BBM yang naik khususnya premium dapat mengurangi beban hutang negara berkurang. Biaya pendapatan dari kenaikan harga BBM juga dapat digunakan sebagai sumber penataan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat kita seperti kesehatan, pendidikan, pembangunan jalan-jalan, dan masih banyak infrastruktur lainnya.

Bijak dalam Menggunakan BBM demi Lestarikan Lingkungan

Jual Bensin. Photo used under Creative Commons from Michael Day

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s