Tak Perlu Bingung, Ada Banyak Keajaiban Dunia Untuk Dinikmati

Soal keajaiban dunia, sebenarnya bisa dirunut sejak tahun 140 sebelum masehi.

Adalah Antipater Sidon, yang melalui puisinya menuliskan mengenai tempat-tempat yang indah dan menakjubkan yang ada di dunia pada masanya seperti patung Zeus di Alfeus, patung Kolosus dan juga Piramida.

Klaim bahwa sebuah tempat patut mendapat julukan keajaiban dunia sebenarnya sangat relatif. Memang melalui serangkaian metode bisa diperoleh hasil mengenai tempat mana saja yang patut mendapat gelar tersebut.

Upaya yayasan New 7 Wonders untuk menetapkan 7 keajaiban dunia terbaru melalui voting dan SMS bisa dikatakan hanya sebagai salah satu cara untuk menetapkan sebuah tempat sebagai keajaiban dunia.

Karena yang memberi suara adalah kalangan awam, metode ini banyak dikritik sebagai ajang pencarian popularitas semata. Kecurigaan ini semakin meningkat ketika isu nasionalisme kemudian dibawa-bawa dalam prosesnya.

Yang menarik, selain kritik terhadap metode voting dan SMS, isu suap untuk meloloskan tempat-tempat tertentu juga menjadi isu lain yang sedikit banyak mencoreng upaya untuk menetapkan objek mana patut disebut keajaiban dunia.

Terlepas dari adanya faktor subjektivitas yang memasukkan sebuah tempat ataupun struktur bangunan tertentu ke dalam kelompok keajaiban dunia, tempat-tempat ini memang cukup menarik untuk dikunjungi.

Taj Mahal misalnya adalah sebuah kuburan megah yang dibangun oleh 20.000 pekerja. Tercatat setidaknya 43 jenis batu permata dipasang untuk memperindah Taj Mahal. Marmer Putih dan aneka mozaik juga telah memberi nilai tersendiri pada bangunan monumental ini.

Di dekat Taj Mahal, Tembok Besar Cina adalah tempat lainnya yang mendapat label keajaiban dunia. Tembok ini berhasil mendapatkan gelar ini karena tercatat sebagai tembok terpanjang yang dibangun manusia.

Tembok ini dibangun untuk menahan serangan suku-suku dari Utara Cina. Secara bertahap, tembok ini dibangun dan dimodifikasi sehingga bertambah panjang.

Dan tentunya jika melompat ke Afrika, piramida di Mesir adalah salah satu keajaiban dunia yang sudah sangat terkenal dan tak perlu diperdebatkan lagi. Struktur raksasa ini dibangun untuk makam raja-raja.

Yang paling terkenal adalah piramida Giza. Dengan masa pembangunan selama 20 tahun, ada beragam spekulasi yang berkembang terkait piramida ini. Namun apapun itu, bagi orang awam bangunan besar ini adalah bukti dari kerja keras dan akurasi yang luar biasa. Keindahan piramida ini bisa terlihat saat matahari terbit maupun tenggelam.

Jika kembali ke Indonesia, bangunan bersejarah seperti candi Borobudur juga patut mendapat apresiasi.

Sebagai salah satu monumen yang sempat menjadi keajaiban dunia, misteri teknik pembangunan candi besar ini juga masih belum terjawab dengan tuntas.

Begitu juga mengenai alasan mengapa bangunan sebesar ini sempat menghilang. Aneka relief yang ada pada candi adalah nilai lebih yang menarik banyak orang baik dari kalangan peneliti maupun orang awam.

Di luar nama-nama populer yang telah disebut tadi, sebenarnya ada juga tempat lainnya yang layak dikunjungi karena keindahannya. Banaue Rice Terraces di Filipina misalnya adalah sebuah bukti dari sistem sawah irigasi kuno yang diklaim berusia 2000 tahun. Sistem pertanian kuno ini dibuat dengan alat tradisional oleh nenek moyang bangsa Filipina.

Nama Petra mungkin asing bagi banyak orang. Namun seiring dengan dicarinya tempat-tempat yang layak disebut 7 keajaiban dunia yang baru, minat untuk mengunjungi Petra semakin meningkat.

Petra terletak di Yordania. Ini adalah sebuah kota yang dipahat dari batu cadas setinggi 40 meter. Dalam sejarah, kota ini adalah ibukota kerajaan Nabatean. Yang menarik adalah, kota ini dirancang agar aman dari badai pasir dan juga memiliki sistem pengairan bebas banjir.

Tak Perlu Bingung, Ada Banyak Keajaiban Dunia Untuk Dinikmati

Taj Mahal di India yang cantik. Photo used under Creative Commons from Dennis Jarvis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s