Pengaruh Global Warming Terhadap Lingkungan

Global warming mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Masalah ini benar-benar terjadi saat ini. Dan bila kondisi ini kita biarkan, maka akan ada banyak pengaruh buruk dan mematikan yang manusia dan makhluk hidup lainnya yang hidup di bumi ini dapatkan.

Pengaruh Pada Laut

Global warming merupakan kondisi dimana suhu permukaan bumi kita meningkat. Hal ini akan mempercepat melelehnya es yang berada di kutub. Dengan melelehnya es di kutub, maka hal ini akan menambah volume air laut. Akhirnya, permukaan air laut akan meninggi dan menenggelamkan daratan. Mungkin kita hanya memandang hal tersebut sebagai teori saja. Akan tetapi, bila kita melihat keadaan laut di Indonesia saja saat ini, kita akan menemukan fakta yang mengejutkan.

Saat ini, permukaan laut bertambah tinggi sebanyak 2 mm tiap tahunnya. Dan, menurut perkiraan para ahli, 50 sampai 100 tahun mendatang, pulau-pulau kecil yang berada di Indonesia akan tenggelam. 50 sampai 100 tahun ini merupakan perkiraan saat pulau-pulau kecil tenggleam sepenuhnya. Akan tetapi, bila kita berbicara mengenai pulau-pulau tersebut menjadi tidak bisa dihuni, maka waktu yang diperkirakan menjadi lebih cepat.

Mungkin untuk kita yang hidup di dataran tinggi dan daerah yang tidak dekat dengan laut tidak merasakan hal ini. Akan tetapi, bila kita bertanya pada orang-orang yang menghabiskan puluhan tahun hidup mereka didaerah pantai atau dekat laut, maka mereka akan menjawab sama, bahwa laut semakin hari semakin dekat dengan rumah mereka. Bahkan, mereka harus membangun tanggul kecil disekitar rumah mereka, agar saat pasang, rumah mereka tidak terendam oleh air laut. Selain itu, melelehnya es kutub akibat global warming juga mengubah arus laut. Hal ini akan mempengaruhi produksi plankton di laut yang akan berakibat langsung pada kehidupan makhluk laut. Kasus yang lebih buruk, makhluk hidup di laut punah.

Pengaruh Terhadap Daerah Tropis

Indonesia, negara tercinta kita ini, terletak didaerah tropis. Di Indonesia juga terdapat banyak hutan hujan. Dan hutan hujan merupakan salah satu ekosistem yang menyimpan beragam spesies makhluk hidup. Tidak seperti makhluk hidup yang hidup didaerah sub tropis atau dingin, makhluk hidup yang hidup di daerah tropis tidak mengenal atau melakukan migrasi, suatu aktivitas yang dilakukan oleh makhluk hidup di daerah dingin untuk mencari iklim yang lebih hangat untuk berkembang biak dan mencari makan. Makhluk hidup di daerah tropis sangat sensitif terhadap perubahan suhu.

Jadi, bila terjadi peningkatan suhu permukaan bumi akibat global warming, yang mana akan terasa sangat parah di daerah tropis, maka makhluk hidup di daerah tropis tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengatasi hal tersebut. Dan banyak makhluk hidup di daerah tropis yang hidup di hutan hujan akan mati karena perubahan ini. Global warming juga menyebabkan cuaca yang tidak menentu. Hal ini akan mempengaruhi hasil panen penduduk yang hidup di daerah tropis.

Seperti kita tahu, kebanyakan negara yang terletak di daerah tropis, penduduknya bercocok tanam. Hal ini sangat bergantung pada cuaca di daerah tropis. Dengan tidak menentunya cuaca karena global warming, maka banyak hasil panen yang gagal dan hal ini akan mempengaruhi kehidupan dan keadaan ekonomi penduduk di negara tersebut. Dengan melihat semua pengaruh buruk yang disebutkan diatas, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk ikut serta menjaga lingkungan kita dan juga mengurangi dampak buruk yang diakibatkan oleh global warming.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s