Trekking di Myanmar

Dengan kecantikan alami, kekayaan dan keaneka-ragaman budaya, kota di tepi bukit, dan juga kuil-kuil tua telah membuat negeri ciamik ini menjadi tujuan jalan-jalan wisatawan. Dialah Myanmar. Negeri yang masih memiliki beberapa pegunungan perawan dan jarang diketahui oleh orang luar. Berikut ini adalah beberapa destinasi hiking di Myanmar bagi para pecinta tantangan.

Pindaya

Negara Bagian Shan. Negara memukau ini sebagian besarnya terdiri dari dataran berbukit yang dihiasi dengan tempat-tempat menggoda, termasuk diantaranya adalah Danau Inle. Dan bagi para penggemar trekking, negeri masyhur ini memiliki Pindaya. Sebuah kota indah yang dikelilingi oleh beberapa pedesaan. Nah, di sini terdapat sebuah situs suci berupa gua yang sangat tersohor. Namun untuk bisa mencapai tempat ini, kita harus melalui jalan-jalan berliku. Tetapi tenang saja, keelokan tempat ini tiada taranya, dengan pagoda-pagoda putihnya yang berdiri gagah di sepanjang bukit.

Dimulai dari gerbang masuk yang ditandai dengan pagoda emas, lalu kita bisa melihat ribuan patung Budha tersusun rapi satu sama lain di sini. Menurut laporan penduduk setempat sih patung tertua berasal dari tahun 1700 an Masehi. Wow, sudah tua juga ya umurnya.

Kalaw

Masih di sekitar negeri Shan yaitu Kalaw Town, beragam denyut kehidupan bisa kita rasakan di puncak bukit ini. Sangat hidup tetapi tak begitu hectic juga, terutama di pasarnya saat hari-hari biasa. Selain biara Ni Paya tempat untuk belajar agama Budha, di kota terpencil ini kita juga bisa melihat keseharian etnis Palaung dan Pa-O.

Himalayanya Myanmar

Manakala trekking yang dijadikan bandingan, maka pegunungan Utara Myanmar juga tak kalah asiknya dengan yang ada di Asia lainnya. Sebagai bagian dari pegunungan Himalaya, negeri beken ini mempunyai Gunung Shangaung di ketinggian 1.362 meter dan Gunung Phongun dengan ketinggian 3.635 meter. Tak terkalahkan di kelasnya, dari Gunung Phongun kita bisa melihat sampai ke India, desa-desa terpencil di sekitar Gunung Shangaung, termasuk desa Wasandum dan Ziyadum.

Trekking di Myanmar

Jalan menuju Goa Pindaya, Photo used under Creative Commons from Allan Grey

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s