Yang Lain Dari Kilimanjaro

Geografi, ekosistem, dan budaya. Ya, 3 hal inilah yang memukau setiap jiwa petualang di Tanzania. Mulai dari gunung, rumput, dan hutannya yang cantik. Kilimanjaro boleh jadi destinasi yang terkondang di negeri ini, tetapi sebenarnya yang asik tidak hanya gunung ini. Berikut ini adalah 5 pesona terajib lainnya.

Gunung Meru

Setiap pendaki Kilimanjaro pasti tau pentingnya aklimatisasi, dan sebagian besar traveller memilih melakukannya dengan menaiki Gunung Meru terlebih dahulu (4.565 meter). Tetapi tidak hanya itu saja alasannya.

Masuk dalam daftar 10 tertinggi di Afrika. Gunung stratovolcano ini berdiri tegak di jantung Arusha National Park. Area yang menyediakan perlindungan bagi berbagai macam flora dan fauna eksotik, termasuk diantaranya leopard, monyet colobus, dan gajah Afrika.

Serengeti

Diantara yang paling mengesankan di sini adalah melihat migrasi besar wildebeest (migrasi mamalia terbanyak di dunia). Masih melengkapi tersohornya tempat ini dengan padang rumputnya yaitu gazelle, zebra, dan singa-singa Afrika.

Ngorongoro Crater

Dipilih oleh banyak orang sebagai tempat terbaik untuk melihat kehidupan marga satwanya Afrika. Terhampar di kawasan konservasi Ngorongoro, sebuah situs warisan dunia UNESCO. Kawah terbesar di bumi ini dapat dianggap sebagai miniatur ekosistemnya Afrika Timur dengan semua spesies hewan khas Afrika, termasuk diantaranya adalah gajah, zebra, singa, dan badak hitam.

Oldupai Gorge

Sebagai tempat yang menginspirasi para pelancong, mulai ketinggian spektakuler Kilimanjaro sampai tempat bersejarah Oldupai Gorge, Tanzania tentunya memberikan pengalaman hidup tak terlupakan.

Berdasarkan investigasi sejarah, di tempat legenda ini telah ditemukan fosil-fosil nenek moyangnya manusia beserta peralatan hidupnya. Bisa jadi ini adalah bukti bahwa manusia berevolusi di Afrika. Mungkinkah?

Zanzibar

Nah, untuk eksperience yang beda dari yang udah-udah, kita bisa pergi ke Zanzibar. Kepulauan di Samudra Hindia ini memiliki pantai-pantai yang tidak biasa dan hiruk-pikuk pasar-pasarnya. Mulai hutan lebatnya sampai warisan lawas kota Stone Town, tempat anggun ini akan memberikan kita sesuatu yang lain.

Yang Lain Dari Kilimanjaro

Fajar di Gunung Meru, Tanzania, Photo used under Creative Commons from Woodlouse

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s