Angkor Wat dan Perjalanannya

Kecantikannya memukau banyak orang dan diperdebatkan sebagai ikon paling populer se Asia Tenggara. Ya, dialah Angkor Wat. Bermula di abad ke 12 Masehi, kuil tua ini dibangun oleh raja Suryaman II sebagai bagian dari ibukota serta situs religius kerajaan. Awalnya sih kuil apik ini dipanggil Preah Pisnulok, namun sekarang menjadi Angkor Wat yang dalam bahasa pribumi artinya adalah kuil kota atau “City Temple”.

Asal Muasal Kuil

Tatkala Khmer masih berupa sebuah kerajaan Hindu, raja berkuasa saat itu memerintahkan pembangunan sebuah candi untuk memuja Dewa Wisnu. Sekarangpun masih bisa kita lihat kesan kuat agama Hindu di kuil ini, terutama sekali pada desain arsitekturnya yang menyerupai gunung Meru tempat para Dewa dan Dewi berkuasa. Seperti juga kemegahan Borobudur, dinding-dinding Angkor Wat menceritakan banyak kisah-kisah Ramayana dan Mahabrata.

Menjadi situs Budha

Semenjak kepercayaan mayoritas di Kamboja mulai bergeser ke arah agama Budha, penggunaan dan fungsi kuil ini pun mulai berubah. Karena agama Budha mekar di lingkungan Hindu, sistem keyakinannya juga memiliki banyak persamaan kosmologi, sehingga struktur dan arsitektur dari kuil ini tidak begitu banyak berubah.

Bila kita telisik lebih jauh, dalam ajaran agama Budha juga mengakui adanya sosok-sosok seperti Dewa dan Dewi dalam agama Hindu walaupun penganutnya sendiri tidak menyembah mereka. Nah, pemahaman inilah yang saya kira mengapa arsitektur dan relief-relief di Candi Angkor Wat masih bertahan sampai sekarang. Walaupun begitu, tetap terjadi perubahan di pusat tempat suci ini dengan adanya Patung Budha.

Angkor Wat hari ini

Sekalipun masih berfungsi sebagai tempat peribadatan, kuil ciamik ini telah mengalami beberapa kerusakan karena penjajahan dan konflik kerajaan. Sebaliknya, kini Angkor Wat telah kembali seperti masa kejayaannya semula setelah diakui sebagai salah satu warisan dunia. Nah, satu yang harus diingat bila melancong ke sini yaitu kita harus ikut menjadi traveller yang bertanggung jawab dan menjaga pelestarian kuil anggun ini.

Angkor Wat dan Perjalanannya

Sekumpulan turis di Angkor Wat, Photo used under Creative Commons from McKay Savage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s