Tujuh Kejaiban Dunia Modern

Berikut ini merupakan daftar pilihan tujuh keajaiban dunia modern yang dirilis oleh The American Society of Civil Engineers yang menunjukkan kemampuan manusia untuk membangun konstruksi yang mengagumkan di muka bumi.

Channel Tunnel

Terowongan yang dibangun di bawah Selat Channel ini dibangun pada tahun 1994 untuk menghubungkan Folkestone di Inggris dan Coquelles di Prancis. Terowongan ini dibangun sepanjang 50 km di bawah air.

Sebenarnya terowongan Channel ini terdiri atas tiga terowongan yaitu dua terowongan yang dilalui oleh kereta api dan terowongan tengah yang lebih kecil yang digunakan sebagai terowongan pelayanan.

CN Tower

Pada tahun 1976, Canadian National Railways membangun menara telekomunikasi CN Tower yang terletak di Toronto, Ontario, Kanada. Kini, CN Tower dimiliki oleh pemerintah federal dan diatur oleh Canada Lands Company Limited.

Pada tahun 2012, CN Tower disebut sebagai menara terbesar ketiga di dunia dengan tinggi 553,3 meter. Menara ini digunakan untuk menyiarkan acara radio, tayangan televisi, dan sinyal nirkabel ke seluruh bagian Toronto.

Empire State Building

Empire State building pernah disebut sebagai bangunan tertinggi di dunia dengan tinggi 1.250 kaki pada saat bangunan tersebut dibuka pada tanggal 1 Mei 1931.

Bangunan yang terletak di 350 Fifth Avenue ini merupakan salah satu ikon kota New York hingga saat ini dan merupakan perlambang dari keberhasilan umat manusia untuk meraih hal yang sebelumnya dianggap tidak mungkin.

Meskipun gelar bangunan tertinggi di dunia sudah tidak lagi dimiliki oleh Empire State Building, tetap saja bangunan ini merupakan bangunan yang cukup tinggi karena jika ditambah dengan penangkal petir, total ketinggian bangunan ini adalah 1.454 kaki.

Golden Gate Bridge

Jembatan ini menghubungkan kota San Fransisco dengan bagian utara Marun County dan merupakan jembatan dengan rentangan terpanjang sepanjang 1.7 mil di dunia sejak jembatan tersebut diselesaikan tahun 1937 hingga Verrazano Narrow Bridge di New York selesai dibangun tahun 1964.

Sebanyak 41 juta perjalanan terjadi melintasi jembatan ini setiap tahunnya. Sebelum jembatan ini dibangun, sarana transportasi utama di teluk San Fransisco hanyalah kapal feri.

Itaipu Dam

Bendungan yang dibangun di perbatasan Paraguay dan Brazil ini merupakan fasilitas penghasil listrik dengan tenaga air yang paling besar di dunia. Listrik yang dihasilkan oleh bendungan Itaipu lebih besar dari listrik yang dihasilkan oleh bendungan tiga ngarai di Cina.

Meskipun bendungan ini dibagi untuk Paraguay dan Brazil, toh 90% pasokan listrik Paraguay mampu dipenuhi oleh bendungan yang selesai dibangun tahun 1984 ini.

Netherlands North Sea Protection Works

Proyek ini merupakan proyek perluasan wilayah daratan di Belanda dengan membuat daratan baru di Laut Utara dengan membangun tanggul dan pembatas lain terhadap samudera. Tanggul sepanjang 19 mil dibangun dari tahun 1927 hingga 1932 dan disebut sebagai Afsluitdijk.

Tanggul ini kemudian mengubah laut Zuiderzee menjadi danau air tawar bernama Ijsselmeer yang kemudian diubah menjadi daratan dengan membangun tanggul lain. Daratan baru yang tingginya di bawah permukaan laut ini membentuk provinsi Flevoland.

Panama Canal

Terusan internasional sepanjang 77 km membuat kapal bisa melintas dari Samudera Pasifik menuju Samudera Atlantik dan sebaliknya secara langsung selama kurang lebih 50 menit sehingga kapal bisa menghemat jarak 12.875 km. Terusan ini merupakan bagian dari negara Panama meskipun sebelumnya dimiliki oleh Amerika Serikat.

Tujuh Kejaiban Dunia Modern

CN Tower. Photo used under Creative Commons from leander.canaris

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s