Keajaiban Dunia Alam 2012

Yayasan bernama New7Wonders akhirnya mengumumkan nama-nama tempat yang masuk dalam hitungan tujuh keajaiban alam dunia.

Setelah melalui voting , yang diikuti oleh penduduk dunia di berbagai negara, yayasan ini menutup masuknya suara tepat pada tanggal 11 November 2011 dan mengetengahkan tujuh pemenang untuk kategori alam. Ketujuh finalis keajaiban dunia tersebut adalah:

Amazon

Daerah yang berada di Amerika Selatan ini telah lama dikenal dengan sungai Amazon yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Kini, seluruh dunia telah mengetahui bahwa tidak hanya sungai yang memukau, tetapi juga bagian lain dari Amazon, yaitu hutan hujannya.

Amazonia, nama lain hutan Amazon, mencakup wilayah seluas 1,7 miliar ha; yang melintasi sejumlah negara seperti Kolombia, Suriname, Peru, Venezuela, Bolivia, Ekuador, Brazil, Guyana Perancis, dan Guyana.

Halong Bay

Berada di bagian utara Vietnam, teluk Halong ini berada dekat dengan batas antara Vietnam dengan Cina. Dalam bahasa Vietnam, Halong Bay ini memiliki makna teluk yang turun. Yang membuat teluk dengan luas 1500 km2 ini istimewa adalah adanya pulau-pulau dari batu kabur yang jumlahnya nyaris mencapai angka 2000. Batu-batu kapur di teluk ini terlihat sangat indah karena menjulang ke langit.

Air Terjun Iguazu

Dua negara, Brazil dan Argentina memiliki keajaiban dunia alam yang satu ini bersama. Hal ini disebabkan letak Iguazu Fall yang berada di tengah-tengah kedua negara; yaitu antara Misiones (Argentina) dan Parana (Brazil).

Menurut kepercayaan setempat, air terjun ini melukiskan kemarahan dewa yang sedang sakit hati karena wanita. Dewa ini lalu marah dan membelah sungai yang kemudian menjadi air terjun. Terlepas dari legenda yang meliputinya, Iguazu sungguh sebuah air terjun yang indah.

Pulau Jeju

Terletak di Korea Selatan, pulau ini memang telah dikenal wisatawan dari berbagai penjuru dunia sebagai tempat tujuan wisata yang bagus. Topografi yang unik, yang merupakan hasil aktivitas vulkanik dua juta tahun lalu, menjadi daya tarik utama pulau ini. Ditambah dengan cuaca yang hangat di semua musim; serta sejumlah objek wisata menarik lainnya, Jeju Island adalah tujuan wisata yang sempurna.

Underground River Puerto Princesa

Ini adalah sebuah sungai bawah tanah yang berada di Filipina, tepatnya di kota Puerto Princesa. Sebuah pemandangan yang luar biasa tentunya ketika melihat sungai yang mengalir di bawah tanah dengan segala keindahan dan keunikannya.

Selain berada di bawah tanah, sungai ini pun ditahbiskan sebagai sungai underground yang paling panjang sedunia. Pesona lain adalah gua yang merupakan pintu masuk sungai ini; dengan beberapa binatang yang tinggal di sana; seperti monyet dan kadal besar.

Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di gugusan kepulauan Nusa Tenggara di Indonesia, persisnya di Nusa Tenggara Timur. Tempat ini, yang telah dikelola sebagai Taman Nasional Komodo, adalah habitat asli Komodo.

Di pulau ini, wisatawan bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan Komodo. Pada awalnya, taman nasional dibangun untuk melindungi binatang melata ini dari kepunahan. Namun seiring berjalannya waktu, Pulau Komodo telah dibuka untuk menjadi tempat tujuan wisata Indonesia.

Table Mountain

Dinamakan Table Mountain karena gunung ini memiliki permukaan yang datar. Uniknya, ikon negara Afrika Selatan yang telah ada sejak 6 juta tahun yang lalu ini kaya dengan koleksi spesies bunga yang jumlahnya mencapai ribuan; hingga beberapa orang menyebutnya sebagai kerajaan bunga. Selain bunga, Table Mountain juga diketahui memiliki sejumlah spesies langka dunia yang sedang menghadapi ancaman kepunahan.

Keajaiban Dunia Alam 2012

Halong Bay. Photo used under Creative Commons from Matthias Rosenkranz

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s