Daftar 7 Keajaiban Dunia Kuno

Sekarang ini, kita harus tahu, bahwa keajaiban dunia tidak hanya berpusat kepada tujuh keajaiban dunia yang diajarkan oleh guru kita ketika berada di bangku sekolahan.

Ada banyak sekali versi 7 keajaiban dunia yang bisa anda ketahui berdasarkan beberapa kriteria. Jadi, jika saat ini anda ingin tahu salah satu kriteria tujuh keajaiban dunia kuno, maka kami akan memaparkannya secara lengkap dan jelas di sini.

Keajaiban dunia yang pertama yang di daftar berdasarkan kekunoannya adalah patung Zeus. Patung ini berada di Yunani. Patung Zeus ini memiliki tinggi berkisar 12 meter. Cukup tinggi memang, namun harus anda ketahui bahwa patung ini dibuat oleh Phidias.

Pembangunan patung zeus dilakukan kira-kira pada tahun 432 Sebelum Masehi di Yunani. Namun penyebab hancurnya patung ini masih diperdebatkan.

Kemudian kejaiban dunia yang kedua adalah Kolosus di Rodos. Kolosus ini merupakan patung Helios. Helios merupakan dewa matahari yang dipercaya memiliki kedudukan tertinggi pada kepercayaan dan mitologi Yunani

Patung ini dibuat oleh Chares. Tempat pembangunan patung Helios ini berada di kota Rodos. Namun pembangun patung sendiri berasal dari Lindos. Patung ini dibangun pada tahun 292 – 280 Sebelum Masehi.

Patung ini sebenarnya memiliki tinggi lebih dari 30 meter. Namun, sekarang patung ini sudah hancur. Sebelum kehancurannya, patung Helios ini merupakan patung tertinggi pada dunia kuno. Faktanya patung ini memiliki tinggi yang hampir sama dengan patung liberty.

Keajaiban dunia kuno yang ketiga adalah Taman gantung Babylonia. Taman gantung ini diperkirakan hancur sekitar 2 abad sebelum Masehi. Keberadaan dari taman gantung ini didokumentasikan oleh para ahli sejarawan yakni Strabo dan Diodoris Circulus.

Herodotus menyebutkan bahwa Raja Nebukadnezar II yang merupakan raja dari Kerajaan Babylon baru (605-562 SM),memerintahkan untuk membuat taman gantung yang indah untuk hadiah ulang tahun bagi Amytis, permaisurinya.

Keajaiban dunia yang keempat adalah Mausoleum Mausolus. Bangunan ini merupakan makam yang dibangunan antara 353 Masehi. Arsitek Yunani, Satyrus dan Pythius membangun makam ini di Turki. Tinggi dari makam ini berkisar 45 meter.

Kemudian, Keajaiban dunia yang kelima adalah Piramida. Piramida ini merupakan keajaiban dunia yang sangat unik. Keajaiban dunia ini merupakan salah satu tempat terunik dimana piramida digunakan untuk menyimpan jenazah para raja mesir.

Jadi kita bisa mengambil kesimpulan bahwa piramida ini berada di mesir. Piramida Agung Giza adalah piramida yang tertua dan terbesar di mesir. Dari tiga piramida yang terdapat di Giza, semuanya dibangun lebih dari 20 tahun. Perkiraan dari para ahli, pembangunan dari piramida ini berlangsung pada sekitar 2560 SM. Banyak raja yang dimakamkan di piramida, seperti Firaun.

Keajaiban dunia yang keenam adalah Kuil Artemis. Kuil yang berdiri di Turki ini sebetulnya dibangun untuk memuji dan memuja seorang dewi perburuan dan binatang. Namun sangat disayangkan, yang tersisa pada saat sekarang ini hanyalah puing-puingnya saja.

Keajaiban dunia yang terakhir adalah Mercusuar Iskandariah.

Berdasarkan peta, kita bisa menemukan bangunan nan lawas yang terkenal juga dengan nama Pharos Alexandria ini di daerah Mesir. Tempat yang tersohor diantara para traveller ini pada kenyataannya dibangun di pulau Pharos dekat dengan kota Iskandariah pada jaman dahulu kala sekitar abad ke 3 SM. Bila kita mengukur ketinggian menara yang aduhai ini dengan menggunakan meteran dari dasar bangunannya, maka akan kita dapati angka yang sedikit menakjubkan, yaitu 115 meter.

Jadi, bagaimana? Sungguh unik bukan tempat-tempat bersejarah yang sudah kita kenalkan diatas? Jadi jangan kerucutkan tujuh keajaiban dunia pada yang simpel. Banyak hal yang lebih unik yang bisa diketahui saat ini.

Daftar 7 Keajaiban Dunia Kuno

Puing-puing Temple of Artemis. Photo used under Creative Commons from Bruno Girin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s