Beyond Machu Picchu

Destinasi pertama para traveller saat menelusuri sisa-sisa kerajaan Inka tentunya dan pastinya adalah Machu Picchu. Kota yang hilang, berdiri di tengah-tengah pegunungan Andes. Sejak ditemukan oleh Hiram Bingham pada tahun 1911, kota tua ini telah diakui sebagai satu dari tujuh kejaiban dunia. Namun Machu Pichu bukanlah satu-satunya yang fenomenal berada di wilayah ini, masih ada beberapa situs lainnya yang bisa dicapai dengan melanjutkan satu atau beberapa hari penjelajahan. Berikut adalah beberapa situs tambahan selain kota klasik ini.

Inca Pisac

Terletak di lembah suci Urubamba Valley dan memiliki beberapa situs lawas, diantaranya adalah benteng Q’allaqasa dan kuil utama Intihuatana. Dari jauh kita bisa melihat teras-teras pertanian mengelilingi puing-puing Inca Pisac di Peru. Lebih lanjut, jalur sempit di bawah benteng Q’allaqasa konon dipercayai melambangkan sayap dari partridge atau sejenis ayam hutan. Situs Pisac ini adalah awal mula dari jalur pendakian menuju kota Inka yang anggun.

Vitcos

Manakala para penduduk Inka menghindari kejaran para penjajah Spanyol, mereka menemukan tempat persembunyian di Vitcos. Sayangnya reruntuhan spesial ini jarang dikunjungi, padahal situs keren ini memberikan pengalaman apik. Salah satu bukti otentik peninggalan suku Inka di sini adalah Nusta Espanan atau Yurak Rumi yang dalam bahasa Indonesia nya berarti batu putih dan merupakan situs suci bagi penduduk kuno Inka.

Choquequirao

Bila ditelisik lebih jauh, kota ciamik ini mirip dengan Machu Pichu secara struktur dan arsitekturnya. Kuil, plaza upacara, dan bangunan lainnya dibangun sepanjang puncak bukit, sejajar dengan pergerakan matahari dan bintang. Di sini kita dapat melihat pemandangan 360 derajat, laksana burung elang yang berputar-putar diangkasa mencari mangsa.

Beyond Machu Pichu

Dua anak kecil (bersama kambingnya) di pasar Pisac, Photo used under Creative Commons from Tinou Bao

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s