Tujuh Keajaiban Dunia 2007

Dunia ini memiliki banyak bangunan dan situs yang tergolong ajaib, karena keunikan dan fakta luar biasa di baliknya. Istilah tujuh keajaiban dunia telah populer sejak lama, tepatnya saat Antipater Sidon mencetuskan ide untuk membuat semacam ranking untuk sejumlah bangunan atau situs dengan keajaibannya masing-masing di seluruh dunia.

Daftar keajaiban dunia ditetapkan pada tanggal cantik, yaitu 7 Juli 2007 di Lisbon lalu; yang (masih) mengetengahkan tujuh bangunan luar biasa yang berada di beberapa negara dunia. Diadakan oleh yayasan yang bernama New 7 Wonders, polling dari seluruh dunia telah menghasilkan pemenang sebagai berikut:

Great Wall Cina

Tembok Besar yang dibangun pada masa Dinasti Ming (menurut pemerintah Cina) ini setia menghuni daftar tujuh keajaiban dunia. Sebelumnya tembok yang terbentang sepanjang hampir 9.000 kilometer ini telah dikenal sebagai salah satu dari sekian banyak keajaiban yang ada di muka bumi.

Tidak hanya karena umur bangunannya yang sudah mencapai ribuan tahun tetapi masih bertahan hingga kini, tetapi juga keelokan bangunan serta panjangnya yang memang tidak biasa. Dalam sejarah kehidupan manusia, tembok yang melambangkan perlindungan ini termasuk yang terpanjang.

Patung Yesus di Corcovado

Berada di atas ketinggian 710 meter di atas permukaan laut, lebih tepatnya di puncak Gunung Corcovado, Brasil; patung ini dibangun dengan ukuran raksasa setinggi 38 meter. Patung yang menerapkan gaya Art Deco dalam struktur arsitekturalnya dapat ditemukan di ibu kota negara, Rio de Janeiro.

Taj Mahal

Bangunan istana di India ini merupakan persembahan Shah Jahan, kaisar Mughal, untuk istri yang sangat dicintainya, yaitu Mumtaz Mahal. Nama Taj Mahal diambil dari nama sang istri tersebut, yang merupakan wanita keturunan Persia. Taj Mahal berada di Agra, sebuah kota di India. Keistimewaannya terletak pada bangunannya yang indah, berikut berbagai batu permata yang menghiasinya.

Colosseum

Terletak di ibukota Italia, Roma; bangunan ini berdimensi 48 x 188 x 156 (tinggi/panjang/lebar) dengan total luas bangunan adalah 2,5 hektar. Bangunan yang merupakan peninggalan sejarah Romawi kuno ini dahulunya merupakan arena pertarungan yang dikenal dengan istilah Gladiator. Kini, Colosseum menjelma menjadi salah satu tujuan wisata yang menarik perhatian banyak pengunjung di negeri Pizza.

Chichen Itza

Selain Italia, Meksiko pun memiliki situs kuno yang masuk dalam kategori keajaiban dunia. Adalah Chichen Itza, yang merupakan peninggalan salah satu suku terkenal di dunia karena ramalannya mengenai kehidupan dunia, suku Maya.

Menurut catatan sejarah, situs kuno ini telah menghiasi Meksiko sejak abad ke-800 sebelum Masehi; dan didirikan oleh suku Maya bersama dengan suku Toltec. Pada saat itu, situs ini disebut-sebut sebagai pusat ilmu pengetahuan sekaligus tempat pemujaan.

Petra

Situs arkeologi yang satu ini terletak di Yordania, tepatnya di area dataran rendah yang dikelilingi oleh pegunungan. Di situs kota ini terdapat goa-goa yang dibuat oleh manusia dengan cara memahatnya di dinding batu; hingga menyerupai sebuah bangunan. Gerbang utama Petra berupa bangunan yang memiliki pilar besar yang dibangun dengan cara yang sama.

Machu Picchu

Keajaiban dunia yang terletak di Peru ini dijuluki ‘Inca yang hilang’. Hal tersebut tak terlepas dari gaya yang ditampilkan oleh bangunan-bangunannya, yang ditengarai mirip sekali dengan Inca kuno dengan ciri khas batu dengan tembok berpelitur. Machu Picchu disebut sebagai tempat sakral dengan beberapa bangunan utama yang terlihat luar biasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s