3 Suku Spesial di Laos

Ada banyak suku bangsa yang tersebar di Asia Tenggara termasuk Thailand, Laos, Kamboja, Birma dan wilayah Selatan Cina. Selain arsitektur dan situs-situs bersejarah, kita juga mempunyai kesempatan untuk betemu suku-suku minoritas dan belajar mengenai cara hidup mereka di negeri Laos ini. Berikut adalah 3 suku bangsa spesial di Laos yang bisa ditemui dalam acara backpacker kita.

Khmu

Bila kita pelajari asal-muasal bangsa Khmu, maka orang-orang dari suku ini yang tinggal di negeri Laos sekarang merupakan sisa-sisa keturunan dari penduduk asli negeri Laos awal yang terpaksa pindah ke wilayah lebih Selatan (sekarang Kamboja). Biasanya suku ini mendirikan rumah-rumah panggung sebagai tempat tinggal mereka dan bangunan-bangunan terpisah lainnya untuk menyimpan hasil pertanian seperti biji-bijian dan beras. Dan terkadang ruang kosong yang ada dibawah rumah digunakan sebagai kandang hewan. Benar bila dikatakan desa dari suku Khmu memiliki suasana ceria, mulai dari anak-anak yang sedang bermain bersama sampai binatang-binatang ternak yang berkeliaran dengan bebasnya.

Tidak hanya itu, salah satu tradisi suku ini yang selalu diturunkan dari generasi ke generasi adalah berkumpul disekitar api unggun untuk mendengarkan cerita-cerita masa lalu dengan suasana malam sambil ditemani oleh rokok yang dihisap melalui pipa perak. Bila di Indonesia ada suku Dayak dengan kekuatan magisnya, maka suku Khmu dipercayai memiliki hal serupa. Perlu diingat, pemandu lokal akan sangat diperlukan saat mampir di desa-desa suku ini untuk menunjukkan segala tradisi dan adat budaya di tempat-tempat unik ini.

Tai Dam

Berdasarkan sejarah orang-orang Tai Dam, suku ini berasal dari daerah yang disebut Muang Then (sekarang adalah lembah di sekitar wilayah Dien Bien Phu, Vietnam). Sewaktu terjadinya masa huru hara (sekitar abad 20 an Masehi) sebagian besar dari suku ini berpindah dari vietnam ke Laos dan menyebar ke wilayah Thailand dan negara tetangga lainnya. Kini, beberapa suku Tai Dam dapat kita temui meneruskan hidupnya di negeri Laos. Ciri paling khas dari salah satu suku ini adalah pakaian hitam yang dipakai oleh kaum perempuannya terutama saat ada hari-hari besar dan perayaan. Berdasarkan keyakinan, suku Tai Dam masih memiliki kepercayaan terhadap roh-roh nenek moyang. Cerita lebih lanjut saat kematian datang, tubuh orang-orang yang mati dari suku Tai Dam ini dikremasi bersama perhiasan emas dan perak sebagai persembahan dan keperluan roh orang yang mati tersebut untuk dipergunakan dialam sana.

Lanten

Sama seperti mayoritas suku-suku lainnya, suku yang satu ini masih tinggal di desa-desa terpencil dan menjaga gaya hidup dan tradisi mereka. Kita bisa menemukan suku ini di desa Ban Nam Lu tempat para traveller membeli barang-barang kerajinan khas suku Lanten dan souvenir khas Laos lainnya. Beberapa souvenir yang bisa didapatkan diantaranya adalah baju , tas, perhiasan, topeng replika, dan ukiran-ukiran.

3 Suku Spesial di Laos

Anak-anak suku Khmu, Photo used under Creative Commons from Gusjer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s