3 Tempat Aduhai di Rangoon

Biasa dipanggil Yangon, dia adalah kota terbesar dan juga jantungnya Birma. Sebuah kota dengan pengaruh dan campuran budaya lama dan modern, serta tempat para wisatawan dapat menemukan sesuatu yang menarik di setiap sudut kota ini dan juga tempat terbaik untuk ditelusuri. Mulai dari jalan-jalan di puing-puing bangunan kolonial sampai kemilaunya pagoda emas semuanya bisa kita dapatkan dengan berbagai macam paket tur yang ditawarkan atau menjelajahi sendiri dengan berbekal peralatan backpacker. Berikut ini adalah daftar 3 tempat aduhai di Rangoon yang wajib di dilihat.

Shwedagon Pagoda

Saat menelusuri Birma kita akan melihat banyak kuil menakjubkan, tetapi yang paling menakjubkan adalah Shwedagon Pagoda. Legenda dari Rangoon, konon dibangun pada masa-masa awal pekembangan agama Budha. Berlokasi sekitar 3 kilometer dari tengah kota, tepatnya di Arzarni street antara People’s Park dan Kandawgyi Park. Berdiri dengan gagah di puncak bukit Singuttara yang dipercaya merupakan area suci dan paling religius, serta tujuan jiarah para pemeluk agama Budha di negeri ini. Selain tempat berjiarah, kita bisa melihat para pengunjung lokal bersosialisasi di Shwedagon Pagoda. Di satu sisi area ini berfungsi sebagai tempat perenungan dan di saat yang sama akan kita rasakan suasana ceria dan hidup di sini.

Kandawgyi Lake

Kandawgyi Lake ini dikelilingi oleh taman-taman indah yang terhampar di sebelah Timur Laut Shwedagon Pagoda. Dari danau ciamik inilah kita bisa menyaksikan kamar terapung yang diberi nama Karaweik Hall, sebuah obyek wisata spesial yang merupakan modifikasi dari kapal tradisional kerajaan dengan beberapa level pagoda berdiri diatas dua hewan seperti angsa emas. Kata “Karaweik” sendiri berasal dari binatang mistis yang diyakini dapat mengeluarkan nyanyian nan cantik. Selain itu, Kandawgyi Park juga memberikan berbagai macam pertunjukan tradisional, dan dengan membayar biaya tambahan kita bisa melihat pemandangan mengesankannya danau dari boardwalk taman.

Bogyoke Aung San Market

Untuk destinasi yang tidak mengandung kata megah kita bisa bertamu ke tempat yang awalnya dinamakan Scott Market ini. Di lokasi keren ini kita bisa menemukan kumpulan produk-produk lokal dari seluruh Birma. Menjelajahi bangunan tertutup yang dipisahkan oleh koridor-koridor panjang dengan lebih dari 2.000 toko, kita dapat menawar beragam barang kerajinan khas Birma untuk dibawa pulang sebagai cinderamata. Lebih istimewanya lagi, tidak hanya produk-produk biasa yang ditawarkan, tetapi juga boneka, gelang giok, jaket khas Birma, dan lebih banyak lagi.

3 Tempat Aduhai di Rangoon

Shwedagon Pagoda saat siang, Photo used under Creative Commons from SarahDepper

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s