Jakarta Punya

Meskipun umurnya yang sudah tak bisa dibilang muda lagi, Jakarta adalah jantungnya Indonesia. Selain itu, dia juga sebagai tempat transit pertama para wisatawan saat mendarat di indonesia (selain Bali tentunya). Berikut ini adalah 5 petunjuk arah untuk berputar-putar ria di kota kuno ini bagi para backpacker.

1. Tujuan kita kali ini akan langsung menuju Koningsplein Palais. Ya, lidah orang Belanda menyebutnya demikian, namun bagi kita orang pribumi ia adalah Istana Merdeka. Bila kita lihat lebih jeli, tempat ini memiliki taman yang mengikuti gaya arsitektur bangunannya yang dibuat sekitar abad ke 17 Masehi. Wah, sudah tua juga ya.

2. Bermula di sekitar abad ke 18 Masehi, Gereja Immanuel yang menerapkan arsitektur klasik ini juga dihiasi dengan lukisan-lukisan tua. Masih berada di tempat indah ini, sebuah organ berlabel 1843 dengan suara uniknya ikut melengkapi keanggunan gereja ini.

3. Dufan! Nah, kalau yang satu ini semuanya sudah pada tau pastinya dong. Tempat hiburan paling ajib buat kalian-kalian yang berasa berjiwa muda. Mulai dari petualangan basah-basahan sampai yang memacu adrenaline bisa kita nikmati semuanya di sini.

4. Karena kehidupannya yang sudah lawas, kota ini mempunyai banyak museum untuk menyimpan semua kenangan yang sudah dilewatinya. Beberapa dari museum ini adalah Museum Sejarah Jakarta dan Museum Wayang yang berada di Kota Tua Jakarta, Museum Bahari di Jakarta Utara, Museum Layang-Layang Indonesia di Jakarta Selatan, dan Museum Prangko Indonesia yang terletak di kawasan Taman Mini Indonesia Indah.

5. Belum lengkap rasanya kalau berlibur ke Jakarta tanpa shopping. Daerah perbelanjaan di Jakarta ini terletak di Jakarta utara. Ya, area ini disebut Kelapa Gading. Tentunya sudah tak asing lagi bagi kalian dong. Segala macam mall dan toko bisa kita temukan di sini. Salah satu tempat yang harus dikunjungi oleh para penikmat shopping dan jalan-jalan yang ingin mencari oleh-oleh khas jakarta.

Jakarta Punya

Istana Merdeka di tahun 1960, Photo used under Creative Commons from pizzodisevo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s