3 Destinasi Menggoda Phnom Penh

Dia adalah kota dengan berbagai macam tempat wisata, pasar-pasar, beragam restauran dan Sebagai titik mula kita untuk menjelajahi sekuruh negeri Kamboja. Ya, dia adalah Phnom Penh City. Kendati menyimpan sejarah masa lalu yang kelam, tetapi kota tua ini tetap menjadi destinasi utama para bacpacker. Siem Reap dengan puing-puing Angkor Wat atau daerah terpencil yang tersembunyi adalah pilihan-pilihan bagi langkah-langkah kaki kita yang berjiwa bebas. Berikut ini adalah 3 tempat yang kudu dan harus dikunjungi saat mendarat di Kamboja.

Royal Palace

Bila dilihat-lihat, Royal Palace di Pnom Penh mirip banget dengan Istana Thailand. Begitu anggun dan ciamik sampai kedetailnya. Nah, yang paling mengesankan di istana ini adalah bangunan Silver Pagoda nya. Dinamakan demikian karena lantainya benar-benar dilapisi perak. Sayangnya hanya sebagian kecil yang diperlihatkan kepada para wisatawan, sisanya lagi ditutup oleh karpet-karpet. Sebagai penambah kemewahan Silver Pagoda, ada yang dinamakan Emerald Budha dan Gold Budha yaitu patung Budha terbuat dari emas asli berhiaskan lebih dari 10.000 berlian. Wow, banyak ya permatanya, kalau di Indonesia juga banyak sih emas-emas Jawa.

Russian Market

Lidah orang lokal lebih memilih untuk menyebutnya Psar Toul Tom Poung. Selain masalah nama, di bawah tenda-tenda Russian Market ini kita bisa menemukan barang-barang yang “asli antik” dan juga “palsu antik”, patung-patung kecil dan besar, pakaian-pakaian dengan merk desainer ternama namun dengan potongan harga, makanan lokal, sampai ke produk-produk perawatan kecantikan. Beraneka ragamnya barang yang dijual di sini membuat pasar ajaib ini lebih Wah lagi untuk ditelusuri.

Wat Phnom

Menurut fakta, Kuil kondang yang berada diatas sebuah bukit kecil serta dikelilingi oleh taman hijau yang menyenangkan ini adalah bangunan religius tertinggi di kota Pnom Penh. Didalam kuil kuno ini kita bisa menemukan sebuah altar beserta patung Budha dengan posisi duduk terbuat dari perunggu. Lebih jauh lagi, dinding-dinding kuil Wat Phnom bercerita tentang Jataka atau fabel Budha sebelum bereinkarnasi dan sepotong episode dari kehidupan Ramayana yang dinamakan Reamker.

Masih berada di kitaran kompleks kuil, terdapatlah tempat suci yang dibuat untuk Lady Penh. Legenda mengatakan Lady Penh yang cantik ini menemukan sebuah pohon koki besar yang hanyut di sungai dan di dalam pohon tersebut ada empat patung Budha perunggu dan satu patung Budha terbuat dari batu. Lalu si Lady Penh ini mendirikan sebuah tempat suci kecil untuk menyimpan patung-patung suci tadi yang kemudian area ditempat suci ini menjadi kuil Wat Phnom. Sampai sekarangpun shrine Lady Penh ini masih menjadi tempat untuk berdoa dan berjiarah bagi penduduk lokal.

Walaupun kuil aduhai ini jauh dari segala hingar-bingar dunia, namun ini adalah tempat yang sempurna untuk bersembunyi dibalik pepohonan dan mendengar keheningan alam sambil melihat kelucuan monyet-monyet yang hidup disekitar kuil.

3 Destinasi Menggoda Phnom Penh

Pedagang-pedagang buah di Russian Market, Photo used under Creative Commons from Allie_Caulfield

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s