3 Permata Tersembunyi Birma

Birma yang dikenal dengan nama Myanmar atau Burma oleh bangsa Barat ini memiliki kuil-kuil kuno, kota-kota ciamik dan pedesaan yang ajaib untuk di telusuri. Tidak kalah dengan negara Asia lainnya seperti Thailand, Birma juga mempunyai daya tarik yang tidak akan didapatkan dimanapun dibelahan dunia lainnya. Bahkan bagi traveller berpengalaman sekalipun, negeri kondang ini akan memukau siapapun yang melewatinya. Beberapa diantaranya adalah sejumlah negara bagian dengan kota-kota tersembunyi, desa-desa, dan monumen-monumen tersohor. Berikut ini adalah tiga teratas permata tersembunyi Birma bagi para turis.

Win Sein Taw Ya

Bila ingin mengetahui lebih jauh mengenai sejarah dan perkembangan kebudayaan Birma, maka Negara Bagian Mon adalah tempat yang tepat untuk memulai ekspedisi kita di Birma. Penduduk Mon konon dipercayai sebagai etnis yang paling kuat dalam mempengaruhi kebudayaan negeri unik ini sebelum suku Bamar yang berasal dari Cina mulai bermigrasi ke negeri keren ini. berdasarkan literatur, budaya bangsa Mon sangat berpengaruh di seluruh wilayah Asia Tenggara semasa kerajaan Dvaravati berkuasa yaitu dari abad ke 6 sampai abad ke 13 Masehi. Bukti otentik bahwa bangsa Mon pernah berpengaruh di negeri beken ini adalah terdapatnya patung-patung Budha beraliran Mon di Birma. Nah, untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh budaya bangsa Mon kita bisa mengunjungi Win Sein Taw Ya atau Patung Budha Tidur. Situs yang wajib dilihat oleh para wisatawan ini bisa dicapai dengan mengendarai moda transportasi darat dari Ibukota Negara Bagian Mon yaitu Mawlamyine. Dengan panjang 180 meter, patung berongga ini merupakan patung Budha Tidur terbesar yang pernah ada. Di dalam patung Budha ini kita bisa menyaksikan diorama perjalanan dan ajaran sang Budha.

Taunggyi

Dari seluruh desa dan kota yang ada di Negara Bagian Shan, Taunggyi sebagai Ibukota negara bagian Shan ini merupakan daerah menarik dan menakjubkan yang berbeda dari tempat lainnya. Karena kondisinya yang jarang dikunjungi oleh para pelancong, membuat kota ini menjadi tujuan menarik bagi para backpacker yang mencari tempat-tempat yang tidak begitu terkenal saat singgah ke Birma. Arsitektur Kota Taunggyi yang dipengaruhi oleh campuran budaya lokal, Cina, dan Eropa, termasuk juga kuil-kuil, masjid, dan gereja, membuatnya menarik dan mengesankan untuk di kunjungi. Selain itu pasar lima hari Taunggyi juga layak untuk disambangi sebab merupakan tempat bertemunya berbagai macam kebudayaan termasuk orang-orang Pa-O dan Intha yaitu penduduk asli Shan Plateau yang menjual produk-produk dagangan mereka. Bila berkunjung ke sini pada bulan November, maka kita akan berkesempatan melihat festival balon api yang menampilkan balon-balon raksasa berbentuk binatang di angkasa.

Hpa-An

Ya, destinasi ketiga kita di Birma adalah sebuah kota kecil yang merupakan Ibukota Negara Bagian Kayin. Dikelilingi oleh pedesaan yang subur, di sini para penikmat jalan-jalan dapat melihat keindahan alam yang belum tersentuh oleh hiruk-pikuknya kehidupan kota. Sebagai tambahan, pemandangan gunung Zwegabin beserta goa-goanya bener-bener memukau siapapun yang menyambanginya.

3 Permata Tersembunyi Birma

Kyaiktiyo Pagoda di Negara Bagian Mon, Photo used under Creative Commons from Stefan Krasowski

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s