5 Destinasi Terpopuler di Yogyakarta

Layaknya kota memukau lainnya di Indonesia seperti Bandung dan Bali, Yogyakarta adalah tujuan wisata yang terkenal dengan kebudayaan Jawanya. Berdasarkan peta, Kota ciamik ini merupakan bagian dari pulau Jawa dengan candi-candi yang masih berdiri utuh hingga sekarang. Di masa kini, Yogyakarta telah menjelma menjadi pusat kesenian dan kebudayaan Jawa seperti kerajinan tangan, batik dan wayang. Selain itu, para traveller seringkali singgah di kota bersejarah ini untuk merasakan kentalnya budaya Jawa. Berikut adalah 5 destinasi terpopuler untuk berlibur di Yogyakarta.

Keraton Yogya

Area mengesankan ini merupakan tempat kediaman Sultan. Kita bisa melihat di Keraton Yogya ini terdapat istana, masjid, beserta rumah pelayan atau abdi dalem. Beberapa bangunan di tempat indah ini mempunyai cerita dan sejarah sekitar ratusan tahun.

Candi Borobudur

Candi bersejarah ini dibangun sekitar abad ke 8 oleh para biksu Budha. Sekedar info saja, Candi Borobudur telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia karena usia dan arsitekturnya yang menakjubkan. Di bagian teratas Candi terdapat beberapa patung Budha dengan ditemani stupa-stupa.

Gunung Bromo

Obyek wisata ketiga kita di Provinsi Jawa Timur ini merupakan salah satu tujuan favorit para turis. Keanggunan alam dan statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif mengundang banyak pecinta ekspedisi alias backpacker untuk datang ke sini setiap tahunnya.

Komplek Candi Prambanan

Berdasarkan literatur, kompleks candi terbesar di jawa ini diyakini dibangun mulai abad ke 9 Masehi. Tidak hanya itu, di Kompleks Candi Prambanan terdapat tiga candi utama dan masing-masingnya digunakan untuk memuja Dewa-Dewa Hindu yaitu Brahma, Siwa, dan Wishnu. Apabila kita melihat lebih dekat, dinding-dinding candi di sini dipahat untuk menampilkan kisah-kisah Ramayana.

Pertunjukan Wayang Kulit

Nah, destinasi terakhir kita di Yogyakarta adalah melihat pertunjukan wayang kulit. Sebagai salah satu budaya Indonesia yang terkenal di dunia Internasional, kita dapat melihat pertunjukan aslinya di kota yogyakarta ini.

Melihat hal-hal menarik di Yogyakarta dapat membuat kita merasakan budaya Jawa asli. Bila berkunjung ke sini jangan lupa untuk membeli beberapa souvenir khas Yogya seperti Wayang kulit, batik, atau berbagai macam kerajinan tangan lainnya.

5 Destinasi Terpopuler di Yogyakarta

Masjid di Yogya, Photo used under Creative Commons from Jimmy McIntyre

One thought on “5 Destinasi Terpopuler di Yogyakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s