Perjalanan Selanjutnya, Kabul

Kabul yang mendapatkan popularitas dari novel-novelnya Khaled Hosseini ini merupakan lokasi strategis perdagangan antara Asia Selatan dan Asia Tengah. Berusia cukup tua sekitar 3500 tahun, kota ini kaya akan budaya, sejarah, dan cerita-cerita malamnya yang harus dikunjungi oleh para pecinta petualangan.

Taman Babur. Tempat tujuan pertama kita di kota Kabul, dibangun oleh Babur Shan pada abad ke 16 dan telah menjadi puing-puing karena berbagai macam perang di kota ini. Namun sekarang taman ini telah direstorasi kembali oleh Aga Khan, yaitu seorang Imam dari Nizari Ismaili yang merupakan salah satu cabang Shiah. Selain itu, kuburan sang pendiri taman ini bersama keluarganya dapat kita temukan disini. Bila kita berkunjung ke tempat indah ini bisa kita lihat mesjid putih terbuat dari marmer yang dibangun oleh penerus Babur yaitu Shah Jahan. Taman Babur merupakan ruang hijau terbesar di Kabul.

Kabul Bala Hissar. Tempat wisata kedua kita di kota ini dibangun pada abad ke lima. Berdasarkan catatan sejarah, Bala Hissar merupakan benteng kuno yang digunakan oleh Babur Shah dan Timor Lang yaitu penguasa Turki sekitar abad ke 14 Masehi.

Museum Kabul. Salah satu museum yang menyimpan barang-barang antik dari seluruh Asia. Sayangnya jam buka museum sejarah ini untuk pengunjungnya tidaklah pasti.

Masjid Shah-e Doh Shamsira. Masjid tersohor dua lantai ini didirikan saat Amanullah Khan berkuasa. Beberapa masjid lainnya yang ada di Kabul yaitu Masjid-e-Pule Kheshti, Masjid-e-Sherpur dan Masjid-e-Id Gah.

Kebun Binatang Kabul. Dapat kita saksikan terdapat patung singa di gerbang masuk yang menyambut kita saat ke sini. Merupakan kebun binatang yang terkenal buat penduduk lokal karena selamat dan masih utuh setelah peperangan tahun 90 an.

Banyak terdapat tempat wisata di Kabul, namun lokasi yang wajib di kunjungi oleh semua backpackers maupun traveller adalah pasarnya! Ya, karena tempat tersohor ini menjual karpet Afghan yang sudah melegenda, beraneka ragam makanan dan pernak-pernik khas Afghan. Dua pasar yang terkenal di kota ini adalah Shor Bazaar dan Bazaar-e-Charchata.

Perjalanan Selanjutnya, Kabul

Suasana di Shor Bazaar. Photo used under Creative Commons from AfghanistanMatters

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s