5 Kuil Utama di India

Banyak sejarah India terukir di kuil-kuilnya, dan sebagian dari kuil-kuil tersebut berfungsi sebagai tempat pemujaan para dewa. Bila kita perhatikan, India dihuni oleh ribuan kuil yang menghubungkan negeri ini dan akan selalu kita jumpai disetiap tanahnya mulai dari Utara ke Selatan, dan melintasi Timur dan Barat. Ada lima tempat suci di India yang dipertimbangkan sebagai harta nasional negara ini. Dibangun mulai tahun 950 Masehi, kuil-kuil ini merupakan bukti nyata keahlian arsitektur perancangnya sepanjang sejarah negara terbesar ketujuh di dunia ini.

Kuil-Kuil Khajuraho

Bila kita melihat peta maka Khajuraho Berada di negara bagian Madya Pradesh yaitu tempat 20 kuil asli dari 85 kuil yang dibangun antara tahun 950 Masehi dan 1050 Masehi pada Dinasti Chandela. Kata Khajuraho sendiri diambil dari kata kharjura yang berarti pohon kurma. Tidak hanya itu, kuil-kuil Khajuraho juga dikenal dunia Internasional karena bentuk pahatan-pahatannya di dinding kuil-kuil Khajuraho yang berbau keerotisan. Bertemakan perempuan, arsitektur bangunan-bangunan di sini begitu rumit dan menggambarkan tingkat ketrampilan arsiteknya. Kuil-kuil Khajuraho dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu Barat, Timur, dan Selatan.

Kuil Matahari Konark

Berdasarkan catatan sejarah Kuil Matahari di Konark berdiri pada tahun 1250 Masehi dan dimaksudkan sebagai tempat pemujaan Matahari yaitu pelindung kota Konark. Seluruh komplek kuil ini dirancang membentuk kereta kuda raksasa dengan 12 roda, ditarik oleh tujuh kuda yang membawa Dewa Matahari Surya melewati angkasa. Menurut para ahli arsitektur Kuil Matahari Konark mewakili arsitektur kota Orissa pada era Kalingga.

Kuil Emas

Mempunyai fungsi sebagai tempat beribadah para Sikh, Kuil Emas berlokasi di kota Amritsar. Sementara itu Amritsar sendiri bermakna kolam madu dari bunga berdasarkan bangunan kolam berisi air suci yang mengelilingi Kuil Emas. Pembangunan Kuil Emas dimulai tahun 1574 di tanah yang disumbangkan oleh Kesultanan Mughal Akbar. Kuil Amritsar ini juga dihubungkan oleh jembatan marmer dan ditutupi oleh lapisan emas. Arsitekturnya diperkirakan merupakan campuran antara budaya Islam dan hindu. Empat jalan masuk yang ada diyakini menggambarkan pemujaan dari semua kasta dan keyakinan di India.

Kuil Meenakshi

Kuil keempat yang terkenal di india adalah Kuil Meenakshi, bisa kita temukan di Distrik Madurai, Negara Bagian Tamil Nadu, Sebelah selatan India dan menurut fakta merupakan salah satu situs terpenting bagi pemeluk agama Hindu. Berdasarkan legenda, Madurai merupakan rumah bagi Ibu dari Dewa dan Dewi agama Hindu yaitu Parvati. Madurai sendiri awalnya disebut Madharapuran yang artinya madu serta dipercayai sebagai jatuhan rambut Dewa Shiva. Bangunan-bangunan yang ada di Madurai diantaranya adalah Vandiyur Mariamman Teppakulam, Istana Tirumalai Naik dan Museum Gandhi.

Kuil Somnath

Gujarat sebagai salah satu negara bagian di india ini terkenal akan pantai, cagar alam, ibukota dan kuil-kuilnya. Selain itu Gujarat sering dikait-kaitkan sebagai “Jewel of the West” atau Permata dari Barat. Dan Kuil Somnath yang berlokasi di sini mempunyai fungsi sebagai tempat pemujaan dewa Shiva. Salah satu yang mengagumkan dari kuil ini adalah arsitekturnya. Sebagai tambahan kita bisa mengetahui sejarah Kuil Somnath dengan mengunjungi Museum Prabhas patan.

5 Kuil Utama di India

Pahatan di Kuil Khajuraho. Photo used under Creative Commons from asim chowdhury

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s