Puaskan Dirimu Dengan Vietnam’s Cuisine

Kreasi akan masakan Vietnam selalu berubah dari waktu ke waktu karena ketersediaan bahan baku lokalnya. Dan setiap daerah di Vietnam memiliki jenis makanan yang berbeda-beda disebabkan perbedaan iklimnya, memberikan kesempatan kepada para traveleller untuk merasakan jenis makanan berbeda dalam setiap persinggahan. Sementara itu di sebelah Selatan Vietnam, terkenallah daerah Mekong yang kaya akan kesuburan tanahnya sehingga segala macam sayur-sayuran dan buah-buahan tumbuh dengan baik di sini. Lain lagi dengan area tengahnya Vietnam yang lebih dipenuhi pegunungan lebih cocok bagi tanaman-tanaman sejenis rempah-rempah selayaknya cabe-cabean, ginseng, dan bawang. Bila kita perbandingkan, hidangan Vietnam tengah lebih berasa bumbu dan kepedasannya di lidah sementara Vietnam Utara memiliki masakan-masakan dengan kombinasi dan pencampuran rasa yang lebih halus.

Masakan Vietnam sebenarnya mendapat pengaruh oleh Prancis tatkala diduduki pada abad ke 19. Saat itu Prancis mengenalkan sayur-sayuran semacam bawang, selada, kol, kentang, dan wortel, namun dari komoditas pangan tadi kopilah utamanya. Sampai-sampai Vietnam menjadi produsen kopi terbesar kedua di dunia.

Salah satu cara terbaik mempelajari masakan Vietnam dan rahasianya adalah dengan menghadiri kursus memasak selama perjalanan. Sebagian besar kota di Vietnam menawarkan kelas memasak ini beserta pengalaman dan kesenangannya. Durasi lamanya kursus sangat bervariasi tergantung dari level kerumitannya, mulai dari pemula, menengah, maupun tingkat lanjut.

Manakala kelas terbaik yang diambil, kita akan dibawa menuju pasar untuk mempelajari serta mengumpulkan bahan-bahan yang akan digunakan untuk kelas memasak nantinya. Ya, kita akan diberikan kesempatan langsung membuat hidangan Vietnam yang terkenal dan nantinya merasakan serta menikmati hasil masakan kita sendiri pada akhir kelas. Sudah menjadi budaya di Vietnam, cara terbaik untuk menikmati hidangan disana adalah dengan makan bersama-sama. Ketika keluarga dan para tamu berkumpul, hidangan utama akan ditempatkan ditengah meja ditemani nasi putih ataupun mie serta berbagai macam saus atau pasta seperti kecap ikan (aka fish sauce), kecap manis (aka soy sauce), maupun terasi (aka shrimp paste).

Masakan apa yang terkenal di Vietnam?

Liburan ke vietnam belumlah lengkap sampai anda merasakan yang namanya semangkok Pho. Pho adalah hidangan mie terbuat dari tepung beras serta tambahan kaldu daging sapi, disebut Pho bo sewaktu ditambahkan daging sapi, dan Pho ga dengan tambahan daging ayam. Nah, sebagai bumbunya ada bawang, rempah-rempah segar seperti daun mint, kemangi, dan ketumbar, selain itu kecap asin, jeruk nipis, dan berbagai macam rempah-rempah pedas juga masuk, taoge sebagai penghias terakhir ikut menambahkan lezatnya Pho. Sebuah hidangan yang akan menyegarkan hari anda.

Gai Cuan atau lebih dikenal dengan lumpia Vietnam atau lumpia segar. Lumpia ini berisi bahan-bahan segar seperti bihun, mentimun, ketumbar, bawang, udang, daging babi, atau variasi lainnya. Semua pilihan bahan tadi dimasukkan lalu digulung dengan rice paper dan disajikan dingin. Lebih lezat lagi bila ditemani kecap manis dan bumbu sate.

Banh mi, Satu lagi hidangan Vietnam yang mendapat pengaruh Prancis. Baguette atau roti panjang diisi dengan potongan daging dingin seperti ham maupun bologna, mentimun, wortel, lobak, dan mayonnaise. ya mirip-mirip sandwich gitu deh.

Dengan berbagai macam kuliner khas Vietnam, cobalah beberapa yang menurut anda enak, lezat, dan unik. Dan pastinya seusai petualangan di Vietnam, anda akan memiliki satu lagi makanan favorit. Selain itu jika kita menguasai cara membuatnya, kita akan bisa membaginya kepada teman maupun keluarga di rumah.

Puaskan Dirimu Dengan Vietnam’s Cuisine

Semangkok Pho Bo, Photo used under Creative Commons from fabulousfabs

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s