Bangkok, Sebuah Perjalanan

Bangkok merupakan kota yang eksotis, ramah, dan cantik di sebelah selatan Thailand. Selain itu Bangkok juga berfungsi sebagai ibukota negara Thailand yang dihuni oleh lebih dari 8 juta penduduk serta sebagai pusat budaya negara tersebut. Disini akan kita jumpai kehidupan malam nan gemerlap, kuil-kuil yang indah, makanan-makanan yang lezat, panasnya terik matahari, serta padatnya jalan-jalan dengan pasar-pasar besarnya. Tidak ada kekurangan dalam segala fasilitas yang ditawarkan, tetapi ada beberapa tips yang sebaiknya kita ingat ketika melakukan perjalan ke Bangkok.

Tips wisata

Thai adalah bahasa utama di bangkok, namun karena semakin ramenya industri wisata disana, orang-orang mulai belajar bahasa inggris.

Mata Uang yang digunakan untuk berbelanja di Bangkok adalah Baht (THB), seringkali salah diucapkan dengan “Bath” di jalan-jalan. Barang-barang di Thailand harga-harganya standar seperti tempat tempat wisata di Indonesia juga. Ada salah satu etika yang tidak perlu anda lakukan, yaitu memberikan uang tip, walaupun tidak apa-apa juga bila ingin melakukannya.

Ada beberapa budaya dan etika di Thailand yang dianggap tabu dan harus dijaga saat berada di sana, diantaranya adalah:

  • Ketika mengunjungi kuil Budha, berpakaianlah yang sopan dan lepaslah alas kaki anda saat memasukinya. Jangan mengambil foto waktu orang sedang bermeditasi atau melakukan ritual ibadah tanpa permisi.
  • Menyentuh kepala orang lain bahkan kepala anak kecil merupakan hal yang dianggap menghina dan tidak boleh dilakukan. Tetapi menyentuh kaki orang lain di Thailand akan dianggap sebuah perbuatan yang baik. Selain itu juga jangan menunjuk sesuatu dengan kaki anda.
  • Wanita tidak diperbolehkan menyentuh biarawan Theravada, namun para biarawan biasa menyentuh pria dan juga wanita untuk mendoakannya bila sedang sakit.
  • Jangan pernah menunjukkan hubungan mesra dengan pasangan anda di depan umum.
  • Raja Thailand sangat dihormati oleh para penduduk Thailand. Disana raja adalah hukum itu sendiri dan akan dianggap melanggar hukum bila kita menghina raja. Hal ini merupakan sesuatu yang serius. Setiap pelanggarnya bisa ditahan dan dimasukkan kedalam penjara.

Makanan dan air minum

Makanan dan air minum merupakan masalah yang serius disini. Jangan pernah meminum air dari water tap di hotel-hotel ataupun restauran-restauran, selain itu jangan meminum es batu yang diberikan. Minumlah air hanya dari botol air minum kemasan. Jangan makan-makanan di jalan yang bisa rusak dalam cuaca panas. Meskipun masakan Thailand sangat lezat dan terdapat pedagang makanan hampir di semua tempat, anda tidak ingin menghabiskan waktu anda di Bangkok dengan sakit.

Transportasi

Lalu lintas di Bangkok sangatlah padat, bahkan menyeberang jalan saja bisa berbahaya! Karena populasi penduduknya yang besar di kota ini kita bisa memilih beragam jenis transportasi, diantaranya adalah Metro atau MRT (kereta bawah tanah), Sky Train (sejenis Metro, hanya saja berada di elevasi yang lebih tinggi dari jalan umum), Perahu, bus, taksi, dan tuk-tuk (mirip bemo di Indonesia).

Meskipun hanya beroda tiga, tuk-tuk di Bangkok merupakan sarana transportasi efektif dan murah untuk berkeliling-keliling kota (sepakati harga di depan terlebih dahulu). Tuk-tuk sudah menjadi bagian besar dari kota ini.

Hiburan Sex

Ya, selain hiburan keluarga, Bangkok juga memiliki industri hiburan sex baik yang normal maupun yang gay. Banyak dari pedagang-pedagang cinta baik wanita maupun pria mengidap HIV di sini. Selain itu berdasarkan survey, sebagian kecil wisatawan sengaja datang ke Thailand untuk urusan yang satu ini. Jadi bersikalah waspada terutama kalian para pria saat anda mendarat di Airport dan di Red Distrik nya Bangkok. bersikaplah tegas untuk mengatakan “no”, dan jangan terlihat ragu-ragu maupun tertarik karena para penjual sex disana akan lebih agresif dalam menawarkan dagangannya.

Kuil-kuil dan istana

Bangkok sangat terkenal karena memiliki kuil-kuil dan istana, diantaranya adalah:

Grand Palace, merupakan salah satu yang terpopuler. Tempat tinggal raja ini terdiri dari banyak bangunan, setiap bangunannya sangat indah. Anda akan menghabiskan banyak waktu hanya untuk mengitari seluruh area, dan pastinya sesuai dengan harga masuknya, yaitu 400 Baht (Rp. 125.000).

Kuil Budha Zamrud, Wat Phra Kaew, merupakan monumen nasional yang harus dilihat dan merupakan salah satu kenangan terindah yang akan anda dapatkan di sana. Jangan lupa, anda harus berpakaian sopan untuk masuk ke sana, jadi rencanakanlah perjalanan anda dengan baik.

Kuil Buddha Berbaring, Wat Pho, terletak di dekat Grand palace, kuil ini juga merupakan salah satu obyek wisata yang layak dikunjungi. Di sini terdapat taman yang indah, patung-patung, dan patung Budha berbaring terbuat dari emas dengan panjang sekitar 45 m. Masuk ke kuil ini sangatlah murah, hanya 20 Baht atau sekitar 6 ribu rupiah. Selain itu disini juga terdapat Thai massage school yang terkenal, anda bisa mendapatkan pijat atau pijet selama satu jam untuk 200 Baht bila di Indonesiakan sekitar 62 ribu Rupiah.

Kuil Matahari Terbit, Wat Arun, kuil menarik lainnya di kota Bangkok yang bisa kita lihat. Berada di lokasi sungai Chao Phraya, kuil ini terkenal karena menara tingginya yang berwarna-warni. Hanya dengan 50 Baht atau sekitar Rp. 16.000 dan kita bisa melihat sungai yang indah dari atas menaranya dan merasakan indahnya agama Budha.

Pasar

Selain jumlahnya yang mengagumkan, pasar di Bangkok juga sebagai tempat terbaik untuk membeli pakaian tradisional, makanan, dan kerajinan tangan. Anda bisa mendapatkan harga sangat murah untuk sebuah barang, namun bersiaplah untuk tawar-menawar. Hampir semua barang bisa ditawar, namun jangan ragu untuk pergi apabila anda merasa dibohongi. Selain itu berhati-hatilah dalam membawa barang-barang anda terhadap para pencopet yang mengintai.

Jika anda sedang berada di kota Bangkok pada akhir pekan, pergilah ke Chatuchak Weekend Market, ada banyak kios dengan berbagai macam dagangannya. Meskipun sangat rame (coba pergi di pagi hari), namun anda akan mendapatkan pengalaman berharga merasakan kebudayaan asli Thailand di sana.

Pasar menarik lainnya adalah pasar mengapung Damnoen Saduak, para pedagangnya berjualan di perahu-perahu kecil dan utamanya mereka menjual buah-buahan dan sayur-sayuran. Untuk berada di sini anda bisa memilih apakah tetap berada di daratan ataupun menyewa sebuah perahu kecil.

Museum

Lain lagi bila kita menginginkan tempat yang tidak begitu rame, Bangkok memiliki banyak museum yang menarik untuk dikunjungi. Setidaknya ada dua museum yang saya rekomendasikan.

The National Museum. Merupakan bangunan megah dengan berbagai macam koleksi karya seni Thailand dan arsitekturnya.

The Jim Thompson House. Merupakan museum lainnya yang diperuntukkan memamerkan hasil karya para seniman, barang-barang antik, dan contoh-contoh desain interior dengan perpaduan dan nuansa antara Thailand dan Eropa.

Kehidupan Malam

Manakala kita ingin mencari sesuatu yang beraroma kehidupan malam, ada dua lokasi yang menarik untuk dilihat.

Soi Cowboy (Saya tidak menganjurkannya untuk pergi ketempat ini). Merupakan sebuah distrik di kota Bangkok yang menawarkan hiburan sex bagi para turis. Area ini dipenuhi dengan lampu-lampu neon serta go go barnya.

Khao San Road. Ada beberapa klub dan bar-bar murah disini, selain itu area ini dipadati juga oleh restauran-restauran tradisional Thailand, restauran-restauran fast food semacam McD, kafe-kafe, kios-kios, warung-warung tenda dan para penghibur jalanan. Nah, disinilah tempat semua orang dari seluruh dunia berkumpul dan menikmati salah satu keindahan kota Bangkok. Kita dapat melihat ditempat ini orang-orang dari Timur bertemu dengan orang-orang dari Barat dan perpaduan kedua budaya ini telah membuat Khao San Road sangatlah menarik.

Bangkok merupakan kota yang cepat mengalami perubahan dan kota dengan berbagai macam lokasi wisata serta aktivitasnya. Meskipun di sini cuaca bisa sangat panas dan tempat – tempat wisata yang penuh sesak oleh penduduk lokal maupun wisatawan, namun kota ini tetaplah spektakuler dengan istana, museum, kuil-kuil, kehidupan malam, serta kebudayaannya telah membuat Bangkok menjadi salah satu kota wisata yang mengasyikkan.

Bangkok, Sebuah Perjalanan

Denyut Khao San Road di waktu malam, Photo used under Creative Commons from tinabasgen

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s