Bencana di Pompeii

Pompeii berdiri tahun 700 sebelum masehi. Kota di bawah kaki gunung Vesuvius tersebut tampaknya tumbuh dengan populasi mencapai 20.000 penduduk, gunung Vesuvius sendiri merupakan gunung api teraktif yang tak ada bandingannya bila dilihat sampai 3.000 tahun kebelakangnya. Cukup Ironi, penduduk Pompeii mempunyai berbagai macam mitos akan kemarahan dewa dan dewi yang akan mengutuk dengan berbagai macam bencana, tetapi tidak ada satupun yang menyinggung tentang gunung berapi maupun lava sebagai penyebab kemusnahan mereka. Berdasarkan Fakta, penduduk Pompeii memanfaatkan gunung Vesuvius sebagai tempat menggembalakan hewan ternak dan juga sebagai lahan untuk menumbuhkan tanaman-tanaman anggur yang hasilnya akan dimanfaatkan untuk memproduksi minuman-minuman wine.

24 Agustus tahun 79 Masehi Vesuvius tiba-tiba saja meledak. Peristiwa ini tidak disadari oleh penduduk kaki gunung tersebut karena sebelumnya tidak ada tanda-tandanya gunung tersebut akan meletus. Peristiwa ini masih terekam dalam sejarah peradaban manusia disebabkan bukti-bukti berupa tubuh-tubuh mereka telah ditemukan di situs tersebut. Banyak dari tubuh-tubuh itu berada dalam posisi berlindung, menutupi anak-anak, dan bahkan ditemukan yang sedang memegang tempat minum. Debu dari gunung berapi Vesuvius menyelimuti serta membunuh mereka dalam suhu panas yang sangat ekstrem.

Kota Pompeii sendiri mempunyai luas 66 Ha dan dikelilingi oleh dinding pelindung. Jalan-jalannya terbuat dari pasangan batu-batu dengan selokan di masing-masing tepinya untuk menyalurkan genangan air di saat hujan. Sebagai pelengkap infrastruktur, kota Pompeii ikut diperindah dengan pancuran-pancuran air di sepanjang jalannya sebagai fasilitas pelepas dahaga baik bagi penduduknya maupun hewan-hewan peliharaan mereka. Rumah-rumahnya terbuat dari batu-batu yang disusun, selain itu terdapat area terbuka di tengah rumah mereka dengan kolam sebagai penyedia air bagi penghuninya. Mereka juga memiliki ruang makan yang diperuntukkan sebagai tempat bersantai keluarga. Bangkunya terbuat dari batu dan tidak bisa dipindah-pindah, tetapi mejanya bisa dipindah-dipindah sesuai dengan kebutuhan, bila saat makan meja tersebut dipasang dan bila ingin bersantai meja tersebut disingkirkan.

Tatkala Kota Pompeii pertama kali ditemukan oleh para arkeologis, mereka menyadari bahwa penduduk lokal telah menggunakan kota tersebut sebagai tempat penyimpanan harta-harta para penduduknya. Eksplorasi kota Pompeii diawali dengan menyingkirkan debu-debu sisa meletusnya gunung berapi dengan mudahnya oleh para surveyor. Setelahnya para arkeologis mulai melakukan penggalian untuk meneliti sisa-sisa peninggalan penduduk Pompeii yang dalam eksplorasi ini para arkeologis tersebut berhasil menemukan barang-barang berharga seperti pernak-pernik kerajinan tangan, perhiasan, dan logam berharga seperti emas. Dalam proses eksplorasi ini banyak batu dan patung dihancurkan hanya untuk memudahkan proses eksplorasi kota tersebut. Sangat disayangkan memang beberapa peninggalan sejarah harus hilang, namun masih banyak peninggalan berharga lain yang ditemukan. Fakta, banyak tubuh penduduk tak bernyawa kota Pompeii ditemukan sedang dalam posisi melakukan pekerjaan sehari-hari seperti berjalan-jalan untuk menikmati keindahan kota dengan anak-anak mereka, meminum air dari pancuran, dan duduk di rumah-rumah mereka.

Pompeii merupakan salah satu penemuan menakjubkan sejarah karena debu-debu hasil meletusnya gunung berapi di kota tersebut telah mengawetkan semuanya mulai dari penduduk sampai bangunan-bangunan di kota tersebut. Selain itu hanya sedikit saja terjadi penjarahan terhadap sisa-sisa kota tersebut yang membuat situs tersebut sebagai peninggalan peradaban kuno yang terlengkap dan terbaik.

Bencana di Pompeii

Puing-puing kota Pompeii. Photo used under Creative Commons from Glen Scarborough

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s